modul ajar dari guru kami Rahmi Ervinda dalam mengikuti PPG tahun 2023
MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA FASE
B KELAS IV
Nama
Penyusun : RAHMI ERVINDA, S.Pd
ID
Simpkb : 201502932503
Unit
Kerja : SDN 14 Labuah
Mata
Pelajaran : IPAS ( Ilmu Pengetahuan Alam
dan Sosial )
Kelas
/semester : IV/ 1
PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG)
DALAM JABATAN ANGKATAN II
UNIVERSITAS BINA
BANGSA GETSEMPENA
2023
Capaian Pembelajaran IPAS
FaseB
A. CAPAIAN
PEMBELAJARAN
Pada Fase B peserta didik mengidentifikasi
keterkaitan antara pengetahuan - pengetahuan yang baru saja diperoleh serta
mencari tahu bagaimana konsep- konsep Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial
berkaitan satu sama lain yang ada di lingkungan sekitar dalam kehidupan
sehari-hari. Penguasaan peserta didik terhadap materi yang sedang dipelajari
ditunjukkan dengan menyelesaikan tantangan yang dihadapi dalam kehidupan
sehari-hari. Selanjutnya peserta didik mengusulkan ide/ menalar, melakukan
investigasi/ penyelidikan/ percobaan, mengomunikasikan, menyimpulkan,
merefleksikan, mengaplikasikan dan melakukan tindak lanjut dari proses inkuiri
yang sudah dilakukannya
B.
CAPAIAN PEMBELAJARAN PER ELEMEN
No |
Elemen |
Capaian pembelajaran |
1 |
BUMI DAN ALAM SEMESTA |
Peserta didik menganalisis hubungan
antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra). Peserta
didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang
siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang
berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan
kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup. Peserta didik
mengidentifikasi proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi dalam
kehidupan sehari-hari. Peserta didik mengidentifikasi sumber dan bentuk
energi serta menjelaskan proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan
sehari-hari (contoh: energi kalor, listrik, bunyi, cahaya). Peserta didik
memanfaatkan gejala kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari, mendemonstrasikan
berbagai jenis gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak dan bentuk benda. Peserta didik mendeskripsikan terjadinya
siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air. Di akhir
fase ini, peserta didik menjelaskan tugas, peran, dan tanggung jawab sebagai
warga sekolah serta mendeskripsikan bagaimana interaksi sosial yang terjadi
di sekitar tempat tinggal dan sekolah. Peserta didik mengidentifikasi ragam
bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat. Peserta didik
mampu menunjukkan letak kota/ kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya pada
peta konvensional/digital. Peserta didik mendeskripsikan keanekaragaman
hayati, keragaman budaya, kearifan lokal dan upaya pelestariannya. Peserta
didik mengenal keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah (baik tokoh maupun
periodisasinya) di provinsi tempat tinggalnya serta menghubungkan dengan
konteks kehidupan saat ini. Peserta didik mampu membedakan antara kebutuhan
dan keinginan, mengenal nilai mata uang dan mendemonstrasikan bagaimana uang
digunakan untuk mendapatkan nilai manfaat/ memenuhi kebutuhan hidup
sehari-hari. |
MODUL
AJAR KURIKULUM MERDEKA 2023
IPAS SD KELAS 4
INFORMASI UMUM |
||
A. IDENTITAS MODUL |
||
Penyusun |
: |
Rahmi Ervinda, S.Pd |
Instansi |
: |
SD Negeri
14 Labuah |
Tahun Penyusunan |
: |
Tahun 2023 |
Jenjang Sekolah |
: |
SD |
Fase / Kelas |
: |
B / 4 |
Mata Pelajaran |
: |
IPAS (Ilmu pengetahuan
alam dan social) |
Elemen Bab / Topik |
: : |
Bumi dan
Alam Semesta Urutan
siklus air |
Alokasi Waktu |
: |
1x Pertemuan 2x35 Menit (70Menit) |
B. KOMPETENSI AWAL |
||
1.
Peserta didik
dapat mengamati perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia 2.
Peserta didik dapat mengetahui ciri-ciri akan turunnya
hujan |
||
C. PROFIL
PELAJAR PANCASILA |
||
1.
Beriman ,bertakwa kepada
Tuhan YME Dan berahlak mulia. 2.
Bernalar kritis : Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan 3.
Gotong royong : Berkerja sama dan kolaborasi 4.
Kreatif : Menghasilkan karya serta
tindakan yang original. |
||
D. SARANA
DAN PRASARANA |
||
Media : Video pembelajaran https://www.youtube.com/watch?v=JXu3ofcafXQ Media Diorama, media gambar Alat : Komputer/laptop, infokus (proyektor), speaker aktif,
jaringan internet. Lembar Kerja Peserta
Didik (LKPD) Sumber belajar :
Materi ajar, buku
siswa, buku guru,dan video |
||
E. TARGET
PESERTA DIDIK |
||
v Siswa secara umum
yang akan dibelajarkan bisa di kelas
reguler. v Siswa yang mengalami kesulitan belajar dikarenakan mempunyai keterbatasan terhadap gaya belajar anak,
sulit konsentrasi, sulit memahami materi baru serta
tidak percaya diri v Siswa memiliki kemampuan pencapaian yang tinggi
dan dapat memahami materi dengan cepat
hingga mempunyai keterampilan dalam memimpin. |
F . KARAKTER PESERTA DIDIK |
|
Umum, tidak
ada kesulitan dalam
memahami materi ajar |
|
G. JUMLAH PESERTA DIDIK |
|
16 Orang |
|
H. MODEL
DAN METODE PEMBELAJARAN |
|
1.
Model yang akan digunakan dalam pembelajaran adalah
model pembelajaran Project Based
Learning (PjLB) yang akan menghasilkan gambar sederhana siklus
air. Adapun langkah
/ sintak dari Project Based Learning (PjLB) adalah
sebagai berikut: 1)
Penentuan pertanyaan mendasar. 2)
Mendesain perencenaan proyek. 3)
Menyusun jadwal. 4)
Memonitor peserta didik
dan kemajuan proyek. 5)
Menilai hasil proyek 6)
Mengevaluasi pengalaman. 2.
Metode Pembelajaran :
Diskusi, presentasi,ceramah dan
tanya jawab. |
|
KOMPONEN INTI |
|
A. CAPAIAN
PEMBELAJARAN |
|
Pada akhir fase B, peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan
kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air |
|
B.
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN |
|
1.
Peserta didik dapat Menjelaskan tahapan
– tahapan siklus
air.(C1) 2.
Peserta didik dapat Menganalisis proses
terjadinya siklus air. (C4) 3. Peserta didik
dapat menampilkan hasil analisis tahapan – tahapan siklus
air.(C6) |
|
C. TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN |
|
1.
Dengan mengamati gambar/video peserta didik dapat
menjelaskan tahapan-tahapan siklus air dengan benar. (C1) 2.
Dengan melakukan aktivitas proyek, peserta didik dapat menganalisis proses terjadinya siklus
air dengan benar. (C4) 3.
Dengan melakukan aktivitas proyek, peserta didik dapat menampilkan hasil analisis tahapan
– tahapan siklus
air dengan benar. (C6) |
|
D. PEMAHAMAN BERMAKNA |
|
Setelah pembelajaran berakhir peserta
didik diharapkan mampu
menyimpulkan tentang siklus
air dan pentingnya menghemat air karena: Air merupakan salah satu sumber
kehidupan di muka bumi ini. Air selalu
ada di bumi
karena mengalami siklus.
Siklus merupakan putaran atau rangkaian kejadian yang berulang-ulang secara tetap dan teratur. Siklus
air merupakan pergerakan air dari permukaan bumi ke atmosfer dan kembali lagi ke permukaan bumi |
|
|
E. PERTANYAAN PEMANTIK |
|
1.
Bagaimana ciri-ciri akan turun hujan? 2.
Dari mana
air hujan itu berasal? 3.
Jika dari
hulu hujan telah
turun, mengapa air hujan
di langit
tidak habis? |
|
|
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN |
Kegiatan Awal (10 Menit) 1.
Mengkondisikan
peserta didik (guru memberi salam, peserta didik berdo’a, memeriksa kehadiran
peserta didik) 2.
Peserta
didik menyanyikan lagu “Garuda pancasila” 3. Peserta didik menyimak apersepsi dari guru tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan
dengan pengalamannya sebagai bekal
pelajaran berikutnya 4.
Peserta didik mendapat informasi dari guru mengenai tujuan pembelajaran pada hari ini. Kegiatan
Inti ( 50 Menit) Penentuan Pertanyaan mendasar 5. Guru menunjukkan
sebuah gambar tentang
tahapan- tahapan siklus air
kemudian peserta didik diberikan pertanyaan ·
Bagaimana ciri-ciri akan turunnya hujan ? ·
Dari mana air hujan berasal
? ·
Jika dari
dahulu hujan telah
turun, mengapa air hujan
di langit
tidak habis? 6.
Peserta didik
diminta menyimak video pembelajaran
yang ditampilkan guru tentang tahapan-tahapan siklus
air https://www.youtube.com/watch?v=JXu3ofcafXQ 7.
Peserta didik diarahkan untuk
mengemukakan pendapat atau bertanya berkaitan dengan video
pembelajaran yang telah dilihat saksikan tadi Mendesain Perencanaan Proyek 8.
Peserta didik
dibagi dalam 4 kelompok,masing-masing
kelompok
terdiri dari 4
orang 9. Peserta didik diajak
oleh guru untuk
merencanakan sebuah proyek membuat
diorama tahapan-tahapan siklus
air 10. Guru membagikan LKPD 11. Peserta didik mempersiapkan alat dan bahan
yang dibutuhkan untuk
proyek diorama siklus air. 12. Guru
menjelaskan prosedur dalam
pembuatan proyek tersebut Menyusun
Jadwal 13. Peserta didik dan guru membuat
kesepakatan tentang jadwal pembuatan proyek, proyek
harus diselesaikan hari ini.
Waktu pengerjaan proyek kurang lebih 25 menit 14. Siswa dan peserta didik membuat kesepakatan
tentang waktu persiapan dan menampilkan karya kedepan kelas selama 10 menit Memonitor Peserta Didik dan Kemajuan Proyek 15. Guru berkeliling memantau keaktifan peserta didik selama
melaksanakan proyek, memantau realisasi perkembangan dan membimbing jika mengalami kesulitan. 16. Peserta didik melakukan pembuatan proyek sesuai jadwal, mendiskusikan masalah yang muncul
selama penyelesaian proyek dengan guru Menilai Hasil Proyek 17. Setelah selesai
peserta didik diingatkan untuk selalu menjaga kebersihan kelas dengan membersihkan sisa hasil karya dan merapikan peralatan yang telah digunakan 18. Peserta didik mengkomunikasikan hasil
proyek dengan cara
presentasi di depan kelas dan
kelompok lain diberi kesempatan untuk
menanggapi Mengevaluasi Pengalaman 19. Guru menanyakan bagaimana pengalaman selama mengerjakan proyek ·
Guru memilih kelompok terbaik, baik dari segi
kekompakkan maupun dari segi produk yang dihasilkan ·
Guru memberikan reward kepada kelompok terbaik 20. Peserta didik bersama dengan guru memajang
hasil karya nya ditempat yang telah disedia Kegiatan Penutup
( 10 Menit) 21. Guru dan peserta didik melakukan ice breaking untuk menambah
semangat dalam pembelajaran 22. Peserta didik dengan bimbingan guru
menyimpulkan pembelajaran terkait materi siklus air 23. Peserta didik melakukan soal
evaluasi yang di berikan guru 24. Guru memberikan tindak lanjut dan
pesan pesan moral 25. Peserta didik bersama guru menutup
pembelajaran dengan ucapan syukur |
|
|||
G.
REFLEKSI PEMBELAJARAN |
|||
Tebel Refleksi untuk Guru |
|||
NO |
Pertanyaan |
Jawaban |
|
1 |
Apakah seluruh peserta didik mengikuti pembelajaran dengan antusias
pada hari ini ? |
|
|
2 |
Apakah tujuan pembelajaran telah tercapai ? |
|
|
3 |
Kesulitan
apa yang dialami ? |
|
|
4 |
Apakah peserta didik paham dengan penyampaian materi pembelajaran hari
ini ? |
|
|
5 |
Apakah
pemilihan media pembelajaran telah
mencerminkan tujuan pembelajaran yang akan dicapai |
|
|
6 |
Apakah model PJBL yang saya gunakan sudah sesuai dengan langkah-langkahnya? |
|
|
Tebel Refleksi untuk peserta didik |
|||
NO |
Pertanyaan |
Jawaban |
|
1 |
Bagaimana perasaanmu saat mengikuti pelajaran ini
? |
|
|
2. |
Hal apa yang membuatmu bersemangat saat belajar
hari ini ? |
|
|
3. |
Apa kesulitanmu dalam menyelesaikan tugas ini ? |
|
|
4. |
Bagaimana pendapatmu mengenai media yang ibu gunakan hari ini ? |
|
|
5. |
Jika kamu diminta untuk memberikan bintang 1 sampai 5, berapa bintang
yang akan kamu berikan pada usaha yang telah kamu lakukan ? |
|
|
6. |
Apa yang akan kamu lakukan setelah mempelajari materi ini ? |
|
|
|
|
H. ASESMENT / PENILAIAN |
Assesmen Formatif 1. Penilaian sikap profil
pelajar pancasila 2. Penilaian proyek 3. Penilaian unjuk kerja Asesmen sumatif 4. Penilaian Evaluasi (Kisi-kisi soal, soal, kunci jawaban, penskoran(terlampir) |
I. PENGAYAAN/REMEDIAL |
1.
Kegiatan remedial: Peserta didik yang hasil belajarnya belum mencapai target
guru melakukan pengulangan materi dengan pendekatan
yang lebih individual dan memberikan tugas
individual tambahan untuk memperbaiki hasil belajar peserta
didik yang bersangkutan. 2.
Kegiatan pengayaan: Peserta didik yang daya tangkap
dan daya kerjanya lebih dari peserta didik lain, guru memberikan kegiatan pengayaan yang lebih
menantang dan memperkuat daya serapnya terhadap materi yang telah dipelajari.. |
H. LAMPIRAN |
A. BAHAN AJAR B.
MEDIA C.
LKPD D.
PENILAIAN |
DAFTAR
PUSTAKA
Arifin,Mulyati.dkk.2009. Ilmu Pengetahuan
Alam dan Lingkungan untuk kelas 1V Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyaah, Jakarta : Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional.
Azmiyawati,Choiril.dkk.2008. IPA
Salingteman 5 untuk SD/MI kelas V.Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Sulistyanto,Heri.2008. Ilmu
Pengetahuan Alam dan Lingkungan untuk SD/MI kelas 5, Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Amini, R., &
Saniyah, S. (2021).
Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Picture
And Picture di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 835-841.
Sari, F. B., Amini, R., & Mudjiran, M. (2020). Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Integrated di Sekolah Dasar.
Jurnal Basicedu, 4(4), 1194-1200.
Usmeldi, U., & Amini, R. (2021). Pelatihan
Penggunaan KIT IPA dan Pengembangan LKPD Berbasis Praktikum untuk
Guru IPA. Jurnal Abdimas Prakasa
Dakara, 1(2), 56-65.
https://serupa.id/project-based-learning/
Lampiran 1
BAHAN
AJAR
KELAS 4
SEKOLAH DASAR
MATA PELAJARAN
IPAS
SIKLUS AIR
Nama
Penulis :
RAHMI ERVINDA
BAHAN AJAR IPAS
Siklus Air
Capaian Pembelajaran :
Pada akhir fase B, peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air.
Indikator Pembelajaran :
1. Menjelaskan tahapan – tahapan siklus air.(C1)
2. Menganalisis proses terjadinya siklus air. (C4)
3. Menampilkan tahapan – tahapan siklus air.(C6)
Tujuan Pembelajaran :
1.
Dengan memahami
bahan bahan ajar siklus air, peserta didik dapat
menjelaskan siklus air dengan benar.
2.
Dengan melakukan aktivitas proyek, peserta didik dapat menganalisis proses
terjadinya siklus air dengan benar .
3.
Dengan melakukan
aktivitas proyek, peserta
didik dapat menampilkan hasil analisis tahapan – tahapan siklus air dengan benar
Proses Siklus Air
1.
Air di laut,
sungai, dan danau menguap akibat panas dari sinarmatahari. Proses penguapan ini disebut evaporasi.
Tumbuhan juga mengeluarkan uap air ke udara(transpirasi).
2.
Uap air dari permukaan
bumi naik dan berkumpul di udara. Lama- kelamaan, udaratidak dapat lagi menampung
uap air (jenuh). Proses ini disebut presipitasi (pengendapan).
3.
Ketika suhu udara turun, uap air akan berubah
menjadi titik-titik air.Proses ini disebut kondensasi (pengembunan).
4.
Titik-titik
air di awan akan turun menjadi hujan (presipitasi).
Air hujan akan turun didaratmaupun di laut.
5.
Air hujan yang jatuh di tanah akan meresap menjadi air tanah
(infiltarasi). Air tanah akan keluar melalui sumur. Air tanah juga merembes
ke danau/sungai. Airhujan yang jatuh ke perairan
(sungai/danau) akan menambah
jumlah air. Air sungai akan mengalir ke laut, namun
sebagian air menguap kembali. Air sungai yang menguap membentuk awan bersama dengan uap dari air laut dan tumbuhan.
Prosessiklus air pun terulang
lagi.
v Proses hidrologi air terbagi
menjadi 4 bagian,
yaitu:
·
Evaporasi: proses di mana air yang
ada di laut, rawa, sungai dan lainnya menguap
karena adanya pemanasan dari sinar matahari.
Dalam hal ini, air
diubah menjadi uap air atau
gas, sehingga bisa naik ke atmosfer.
Transpirasi: proses ini serupa dengan
evaporasi, hanya saja proses penguapan ini terjadi pada jaringan makhluk
hidup, seperti tumbuh-tumbuhan.
·
Kondensasi: proses di mana berubahnya uap air di atmosfer menjadi
partikel es yang sangat kecil di suhu yang rendah.
Partikel es tersebut
saling mendekat satu sama lain, sehingga akan menggumpal sebagai
awan.
·
Presipitasi: ketika terlalu banyak air yang terkondensasi maka tetesan air di awan akan menjadi besar dan berat untuk menahan di udara sehingga
jatuh sebagai hujan, salju atauhujan
es.
Lampiran 2
MEDIA PEMBELAJARAN
Media Video Pembelajran:
https://www.youtube.com/watch?v=JXu3ofcafXQ
gambar siklus air
Media diorama siklus air
Lampiran 3
LKPD
Lembar Kegiatan
Peserta Didik
Nama Anggota Kelompok : 1. ……………………….. 2. ………………………... 3. ………………………... 4. ………………………...
Tujuan Pembelajaran : 1.
Dengan memahami bahan ajar siklus
air, peserta didik
dapat menjelaskan siklus
air dengan benar. 2.
Dengan
melakukan aktivitas proyek, peserta didik
dapat menganalisis proses terjadinya siklus air
dengan benar . 3.
Dengan melakukan aktivitas proyek, peserta didik dapat
menampilkan hasil analisis tahapan – tahapan siklus air dengan
benar.
Petunjuk : 1.
Bacalah kembali bahan ajar materi “Siklus Air” 2.
Lakukanlah aktivitas membuat proyek diorama siklus air secara berkelompok. 3.
Bertanyalah kepada guru apabila mengalami kesulitan dalam aktivitas proyek.
LKPD PROYEK
Materi : Siklus Air
Proyek : diorama Siklus Air
Langkah-langkah pembuatan
diorama siklus air :
Alat dan Bahan
Kardus bekas
Kertas
mar-mar ( warna hijau, biru tua, biru muda, coklat, Kertas Origami
Lem
Gunting
Kapas
Cara Membuat :
1.
Gunting kardus berbentuk segi empat 3 buah dengan
ukuran yang berbeda.
2.
Kardus pertama untuk laut dan kardus kedua untuk
daratan dan kardus ketiga untuk langit
3.
Bagian
langit dilapisi kertas mar-mar warna biru muda, laut di
lapisi
mar-mar warna biru tua dan daratan dilapisi kertas mar-mar
warna
coklat tua dan hutan kertas mar-mar
warna hijau.
4.
Buat pola awan kemudian tempelkan dengan kapas
5.
Buat pola pohon dari kardus, bagian daun dilapisi
dengan kertas mar-mar dan bagian batang dilapisi dengan kertas origami warna
coklat tua dan matahari kertas origami warna kuning lalu gunting sesuai pola
yang sudah digambar
6.
Buat beberapa buah kapal dari kertas origami
7.
Untuk awan hitam, awan putih, matahari dan
rintik-rintik hujan di tempel pada bagian kardus warna biru muda (langit)
8.
Gambar bentuk pohon bentuk 3 dimensi di tancapkan
pada kardus bagian daratan
9.
Kapal-kapal kecil ditancapkan pada karton bagian
laut
10.
Setelah semua gambar ditempel kemudian diberi nama
dan tanda panah dari kertas origami sesuai dengan urutan siklus air
DIORAMA SIKLUS AIR
Asesmen Formatif
A. Penilaian Sikap Profil Pelajar
Pancasila (PPP)
1.
Bernalar Kritis
2.
Bergotong royong
3.
Kreatif
Petunjuk :
Guru memberikan tanda (√) pada setiap kriteria
sesuai dengan nilai
karakter yang muncul dari peserta
didik
NO |
NAMA PESERTA DIDIK |
SIKAP |
JUMLAH SKOR |
NILAI |
|||||
Bernalar Kritis |
Bergotog Royong |
Kreatif |
|||||||
1 |
2 |
1 |
2 |
1 |
2 |
|
|
||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RUBRIK PENILAIAN
KRITERIA Profil Pelajar Pancasila |
SUDAH TAMPAK
(2) |
BELUM TAMPAK
(1) |
Bernalar Kritis |
Peserta didik
sudah tampak mampu dalam memecahkan masalah. |
Peserta didik belum
tampak mampu dalam memecahkan masalah. |
Bergotong royong |
Peserta didik sudah
tampak kompak dan berkolaborasi dalam menyelesaikan hasil
proyek yang diberikan |
Peserta didik belum tampak kompak dan berkolaborasi dalam menyelesaikan hasil
proyek yang diberikan |
Kreatif |
Peserta didik
sudah tampak kreatif dalam
menyelesaikan hasil proyek yang diberikan |
Peserta didik
sudah tampak kreatif dalam
menyelesaikan hasil proyek yang diberikan |
B.
Format Penilaian Proyek
Muatan Pembelajaran : IPAS Kelas/Fase : IV/ B
Nama Proyek : Membuat
Diorama Siklus Air
Waktu :
Nama
Anggota Kelompok:
1. …………………………….
2. …………………………….
3. .……………………………..
4. ……………………………..
No |
Aspek Penilian |
Skor |
||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
||
1 |
Perencanaan |
|
|
|
|
|
|
Persiapan pemilihan alat dan bahan |
|
|
|
|
|
2 |
Pelaksanaan |
|
|
|
|
|
|
Proses pengamatan |
|
|
|
|
|
|
Langkah-langkah pembuatan |
|
|
|
|
|
|
Teknik Pembuatan |
|
|
|
|
|
3 |
Laporan Proyek |
|
|
|
|
|
|
Hasil produk |
|
|
|
|
|
|
Laporan laporan proyek |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Skordiberikan dengan rentangan 1-5 Jika proses sempurnamakan akan diberikan nilai
tertinggi (5)
C.
Penilaian
Unjuk Kerja
Prosedur penilaian :
unjuk kerja produk
Teknik penilaian :
observasi
NO |
ASPEK YANG DINILAI |
SKOR |
Bobot
maksimal |
NILAI |
1. |
Kreatif |
|
20 |
|
2. |
Tata Letak
Diorama |
|
20 |
|
3. |
Kelengkapan Objek |
|
20 |
|
4. |
Kerapian |
|
20 |
|
5. |
Kebersihan |
|
20 |
|
|
Skor perolehan |
|
|
|
Nilai = Skor perolehan x 100
Skor maksimal
Kisi Kisi Soal evaluasi
No |
CP |
SOAL |
Level Kognitif |
Bentuk Soal |
Skor |
No |
|
peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan
kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air |
1. Perubahan yang terjadi pada
air secara berulang dalam
suatu pola tertentu disebut ... |
C4 |
PG |
1 |
|
2. Proses
perputaran air disebut sebagai
siklus air, daur air,atau siklus ... |
C1 |
PG |
1 |
|
||
3. Air
di bumi tidak pernah habis walaupun
terus menerus di gunakan … |
C2 |
PG |
1 |
|
||
4. Terjadinya siklusair sangat dipengaruhi oleh
... |
C4 |
PG |
1 |
|
||
5. Uap
air naik keudara membentuk …. |
C2 |
PG |
1 |
|
||
6. Uap air yang suhunya turun akan
berubah menjadi air. Air ini akan
berkumpul di angkasa dan turun menjadi
…. |
C2 |
PG |
1 |
|
||
7. Suhu
udara yang dingin membuat uap air mengalami pengembunan yang disebut ... |
C3 |
PG |
1 |
|
||
8. Air di laut,
sungai,danau, waduk mengalami
penguapan karena sinar matahari disebut ... |
C4 |
PG |
1 |
|
||
9. Jatuhnya
titik air ke bumi sebagai hujan disebut ... |
C6 |
PG |
1 |
|
||
10. Air hujan
dapat menjadi air tanah karena proses …. |
C2 |
PG |
1 |
|
||
|
|
|
|
|
SOAL EVALUASI
Berilah tanda (X) pada jawaban yang di anggap
benar!
1.
Perubahan yang terjadi pada air secara berulang
dalam suatu pola tertentu
disebut ...
a. siklus Udara
b. siklus Air
c. siklus Angin
d. siklus Tanah
2.
Proses perputaran air disebut
sebagai siklus air, daur air, atau siklus ...
a. biologi
b. antropologi
c. zoologi
d. hidrologi
3.
Air di bumi tidak pernah habis walaupun
terus menerus digunakan.
Hal ini
dikarenakan air mengalami ….
a.
perputaran
b.
penambahan
c.
pencampuran
d. pengurangan
4.
Terjadinya siklus air sangat dipengaruhi oleh ...
a.
angunan
b.
bebatuan
c.
cahaya Matahari
d.
manusia
5.
Uap air ke udara membentuk
…
a.
pelangi
b.
awan
c.
es
d.
hujan
6.
Uap air yang suhunya turun akan berubah menjadi air. Air ini akan berkumpul di angkasa kemudian
turun menjadi …
a. hujan
b.
kabut
c.
angin
d. pelangi
7.
Suhu udara yang dingin membuat uap air mengalami pengembunan yang disebut ...
a.
evaporasi
b.
kondensasi
c.
infiltrasi
d.
presipitasi
8.
Air di laut, sungai, danau, waduk mengalami
penguapan karena sinar matahari disebut ...
a.
kondensasi
b.
presipitasi
c.
infiltrasi
d.
evaporasi
9.
Jatuhnya titik air ke bumi sebagai hujan
disebut ...
a.
kondensasi
b.
infiltrasi
c.
presipitasi
d.
evaporasi
10.
Air hujan dapat menjadi air tanah
karena proses…. …
a.
infiltrasi
b. evaporasi
c.
kondensasi
d. presipitasi
KUNCI JAWABAN EVALUASI :
Pilihan Ganda : 1.B
2.D
3.A
4.C
5.B
6.A
7.B
8.D
9.C
10.A
Intrumen Penilaian Evaluasi
Satuan Pendidikan : SDN 14
Labuah
Bidang Studi : IPAS
Materi : Siklus
Air
Kelas : IV/B
Semester I
No |
Nama Peserta Didik |
No Soal dan Skor Penilaian Pilihan Ganda |
Nilai Akhir |
|||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
|||
1 |
1 |
1 |
1 |
1 |
1 |
1 |
1 |
1 |
1 |
|||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
No Soal
Skor
Penilaian
NA = SP/SM X 100
SP = skor
perolehan SM = skor Maksimal
(10)
MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA FASE
B KELAS IV
Nama
Penyusun : RAHMI ERVINDA, S.Pd
ID
Simpkb : 201502932503
Unit
Kerja : SDN 14 Labuah
Mata
Pelajaran : IPAS ( Ilmu Pengetahuan Alam
dan Sosial )
Kelas
/semester : IV/ 1
PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG)
DALAM JABATAN ANGKATAN II
UNIVERSITAS BINA
BANGSA GETSEMPENA
2023
Capaian Pembelajaran IPAS
FaseB
A. CAPAIAN
PEMBELAJARAN
Pada Fase B peserta didik mengidentifikasi
keterkaitan antara pengetahuan - pengetahuan yang baru saja diperoleh serta
mencari tahu bagaimana konsep- konsep Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial
berkaitan satu sama lain yang ada di lingkungan sekitar dalam kehidupan
sehari-hari. Penguasaan peserta didik terhadap materi yang sedang dipelajari
ditunjukkan dengan menyelesaikan tantangan yang dihadapi dalam kehidupan
sehari-hari. Selanjutnya peserta didik mengusulkan ide/ menalar, melakukan
investigasi/ penyelidikan/ percobaan, mengomunikasikan, menyimpulkan,
merefleksikan, mengaplikasikan dan melakukan tindak lanjut dari proses inkuiri
yang sudah dilakukannya
B.
CAPAIAN PEMBELAJARAN PER ELEMEN
No |
Elemen |
Capaian pembelajaran |
1 |
BUMI DAN ALAM SEMESTA |
Peserta didik menganalisis hubungan
antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra). Peserta
didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang
siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang
berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan
kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup. Peserta didik
mengidentifikasi proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi dalam
kehidupan sehari-hari. Peserta didik mengidentifikasi sumber dan bentuk
energi serta menjelaskan proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan
sehari-hari (contoh: energi kalor, listrik, bunyi, cahaya). Peserta didik
memanfaatkan gejala kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari, mendemonstrasikan
berbagai jenis gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak dan bentuk benda. Peserta didik mendeskripsikan terjadinya
siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air. Di akhir
fase ini, peserta didik menjelaskan tugas, peran, dan tanggung jawab sebagai
warga sekolah serta mendeskripsikan bagaimana interaksi sosial yang terjadi
di sekitar tempat tinggal dan sekolah. Peserta didik mengidentifikasi ragam
bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat. Peserta didik
mampu menunjukkan letak kota/ kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya pada
peta konvensional/digital. Peserta didik mendeskripsikan keanekaragaman
hayati, keragaman budaya, kearifan lokal dan upaya pelestariannya. Peserta
didik mengenal keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah (baik tokoh maupun
periodisasinya) di provinsi tempat tinggalnya serta menghubungkan dengan
konteks kehidupan saat ini. Peserta didik mampu membedakan antara kebutuhan
dan keinginan, mengenal nilai mata uang dan mendemonstrasikan bagaimana uang
digunakan untuk mendapatkan nilai manfaat/ memenuhi kebutuhan hidup
sehari-hari.
|
MODUL
AJAR KURIKULUM MERDEKA 2023
IPAS SD KELAS 4
INFORMASI UMUM |
||
A. IDENTITAS MODUL |
||
Penyusun |
: |
Rahmi Ervinda, S.Pd |
Instansi |
: |
SD Negeri
14 Labuah |
Tahun Penyusunan |
: |
Tahun 2023 |
Jenjang Sekolah |
: |
SD |
Fase / Kelas |
: |
B / 4 |
Mata Pelajaran |
: |
IPAS (Ilmu pengetahuan
alam dan social) |
Elemen Bab / Topik |
: : |
Bumi dan
Alam Semesta Urutan
siklus air |
Alokasi Waktu |
: |
1x Pertemuan 2x35 Menit (70Menit) |
B. KOMPETENSI AWAL |
||
1.
Peserta didik
dapat mengamati perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia 2.
Peserta didik dapat mengetahui ciri-ciri akan turunnya
hujan |
||
C. PROFIL
PELAJAR PANCASILA |
||
1.
Beriman ,bertakwa kepada
Tuhan YME Dan berahlak mulia. 2.
Bernalar kritis : Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan 3.
Gotong royong : Berkerja sama dan kolaborasi 4.
Kreatif : Menghasilkan karya serta
tindakan yang original. |
||
D. SARANA
DAN PRASARANA |
||
Media : Video pembelajaran https://www.youtube.com/watch?v=JXu3ofcafXQ Media Diorama, media gambar Alat : Komputer/laptop, infokus (proyektor), speaker aktif,
jaringan internet. Lembar Kerja Peserta
Didik (LKPD) Sumber belajar :
Materi ajar, buku
siswa, buku guru,dan video |
||
E. TARGET
PESERTA DIDIK |
||
v Siswa secara umum
yang akan dibelajarkan bisa di kelas
reguler. v Siswa yang mengalami kesulitan belajar dikarenakan mempunyai keterbatasan terhadap gaya belajar anak,
sulit konsentrasi, sulit memahami materi baru serta
tidak percaya diri v Siswa memiliki kemampuan pencapaian yang tinggi
dan dapat memahami materi dengan cepat
hingga mempunyai keterampilan dalam memimpin. |
F . KARAKTER PESERTA DIDIK |
|
Umum, tidak
ada kesulitan dalam
memahami materi ajar |
|
G. JUMLAH PESERTA DIDIK |
|
16 Orang |
|
H. MODEL
DAN METODE PEMBELAJARAN |
|
1.
Model yang akan digunakan dalam pembelajaran adalah
model pembelajaran Project Based
Learning (PjLB) yang akan menghasilkan gambar sederhana siklus
air. Adapun langkah
/ sintak dari Project Based Learning (PjLB) adalah
sebagai berikut: 1)
Penentuan pertanyaan mendasar. 2)
Mendesain perencenaan proyek. 3)
Menyusun jadwal. 4)
Memonitor peserta didik
dan kemajuan proyek. 5)
Menilai hasil proyek 6)
Mengevaluasi pengalaman. 2.
Metode Pembelajaran :
Diskusi, presentasi,ceramah dan
tanya jawab. |
|
KOMPONEN INTI |
|
A. CAPAIAN
PEMBELAJARAN |
|
Pada akhir fase B, peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan
kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air |
|
B.
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN |
|
1.
Peserta didik dapat Menjelaskan tahapan
– tahapan siklus
air.(C1) 2.
Peserta didik dapat Menganalisis proses
terjadinya siklus air. (C4) 3. Peserta didik
dapat menampilkan hasil analisis tahapan – tahapan siklus
air.(C6) |
|
C. TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN |
|
1.
Dengan mengamati gambar/video peserta didik dapat
menjelaskan tahapan-tahapan siklus air dengan benar. (C1) 2.
Dengan melakukan aktivitas proyek, peserta didik dapat menganalisis proses terjadinya siklus
air dengan benar. (C4) 3.
Dengan melakukan aktivitas proyek, peserta didik dapat menampilkan hasil analisis tahapan
– tahapan siklus
air dengan benar. (C6) |
|
D. PEMAHAMAN BERMAKNA |
|
Setelah pembelajaran berakhir peserta
didik diharapkan mampu
menyimpulkan tentang siklus
air dan pentingnya menghemat air karena: Air merupakan salah satu sumber
kehidupan di muka bumi ini. Air selalu
ada di bumi
karena mengalami siklus.
Siklus merupakan putaran atau rangkaian kejadian yang berulang-ulang secara tetap dan teratur. Siklus
air merupakan pergerakan air dari permukaan bumi ke atmosfer dan kembali lagi ke permukaan bumi
|
|
|
E. PERTANYAAN PEMANTIK |
|
1.
Bagaimana ciri-ciri akan turun hujan? 2.
Dari mana
air hujan itu berasal? 3.
Jika dari
hulu hujan telah
turun, mengapa air hujan
di langit
tidak habis?
|
|
|
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN |
Kegiatan Awal (10 Menit) 1.
Mengkondisikan
peserta didik (guru memberi salam, peserta didik berdo’a, memeriksa kehadiran
peserta didik) 2.
Peserta
didik menyanyikan lagu “Garuda pancasila” 3. Peserta didik menyimak apersepsi dari guru tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan
dengan pengalamannya sebagai bekal
pelajaran berikutnya 4.
Peserta didik mendapat informasi dari guru mengenai tujuan pembelajaran pada hari ini. Kegiatan
Inti ( 50 Menit) Penentuan Pertanyaan mendasar 5. Guru menunjukkan
sebuah gambar tentang
tahapan- tahapan siklus air
kemudian peserta didik diberikan pertanyaan ·
Bagaimana ciri-ciri akan turunnya hujan ? ·
Dari mana air hujan berasal
? ·
Jika dari
dahulu hujan telah
turun, mengapa air hujan
di langit
tidak habis? 6.
Peserta didik
diminta menyimak video pembelajaran
yang ditampilkan guru tentang tahapan-tahapan siklus
air https://www.youtube.com/watch?v=JXu3ofcafXQ
7.
Peserta didik diarahkan untuk
mengemukakan pendapat atau bertanya berkaitan dengan video
pembelajaran yang telah dilihat saksikan tadi Mendesain Perencanaan Proyek
8.
Peserta didik
dibagi dalam 4 kelompok,masing-masing
kelompok
terdiri dari 4
orang 9. Peserta didik diajak
oleh guru untuk
merencanakan sebuah proyek membuat
diorama tahapan-tahapan siklus
air 10. Guru membagikan LKPD 11. Peserta didik mempersiapkan alat dan bahan
yang dibutuhkan untuk
proyek diorama siklus air. 12. Guru
menjelaskan prosedur dalam
pembuatan proyek tersebut Menyusun
Jadwal 13. Peserta didik dan guru membuat
kesepakatan tentang jadwal pembuatan proyek, proyek
harus diselesaikan hari ini.
Waktu pengerjaan proyek kurang lebih 25 menit 14. Siswa dan peserta didik membuat kesepakatan
tentang waktu persiapan dan menampilkan karya kedepan kelas selama 10 menit Memonitor Peserta Didik dan Kemajuan Proyek 15. Guru berkeliling memantau keaktifan peserta didik selama
melaksanakan proyek, memantau realisasi perkembangan dan membimbing jika mengalami kesulitan. 16. Peserta didik melakukan pembuatan proyek sesuai jadwal, mendiskusikan masalah yang muncul
selama penyelesaian proyek dengan guru Menilai Hasil Proyek 17. Setelah selesai
peserta didik diingatkan untuk selalu menjaga kebersihan kelas dengan membersihkan sisa hasil karya dan merapikan peralatan yang telah digunakan 18. Peserta didik mengkomunikasikan hasil
proyek dengan cara
presentasi di depan kelas dan
kelompok lain diberi kesempatan untuk
menanggapi
Mengevaluasi Pengalaman 19. Guru menanyakan bagaimana pengalaman selama mengerjakan proyek ·
Guru memilih kelompok terbaik, baik dari segi
kekompakkan maupun dari segi produk yang dihasilkan ·
Guru memberikan reward kepada kelompok terbaik 20. Peserta didik bersama dengan guru memajang
hasil karya nya ditempat yang telah disedia
Kegiatan Penutup
( 10 Menit) 21. Guru dan peserta didik melakukan ice breaking untuk menambah
semangat dalam pembelajaran 22. Peserta didik dengan bimbingan guru
menyimpulkan pembelajaran terkait materi siklus air 23. Peserta didik melakukan soal
evaluasi yang di berikan guru 24. Guru memberikan tindak lanjut dan
pesan pesan moral 25. Peserta didik bersama guru menutup
pembelajaran dengan ucapan syukur
|
|
|||
G.
REFLEKSI PEMBELAJARAN |
|||
Tebel Refleksi untuk Guru |
|||
NO |
Pertanyaan |
Jawaban |
|
1 |
Apakah seluruh peserta didik mengikuti pembelajaran dengan antusias
pada hari ini ?
|
|
|
2 |
Apakah tujuan pembelajaran telah tercapai ? |
|
|
3 |
Kesulitan
apa yang dialami ? |
|
|
4 |
Apakah peserta didik paham dengan penyampaian materi pembelajaran hari
ini ? |
|
|
5 |
Apakah
pemilihan media pembelajaran telah
mencerminkan tujuan pembelajaran yang akan dicapai |
|
|
6 |
Apakah model PJBL yang saya gunakan sudah sesuai dengan langkah-langkahnya? |
|
|
Tebel Refleksi untuk peserta didik |
|||
NO |
Pertanyaan |
Jawaban |
|
1 |
Bagaimana perasaanmu saat mengikuti pelajaran ini
? |
|
|
2. |
Hal apa yang membuatmu bersemangat saat belajar
hari ini ? |
|
|
3. |
Apa kesulitanmu dalam menyelesaikan tugas ini ? |
|
|
4. |
Bagaimana pendapatmu mengenai media yang ibu gunakan hari ini ? |
|
|
5. |
Jika kamu diminta untuk memberikan bintang 1 sampai 5, berapa bintang
yang akan kamu berikan pada usaha yang telah kamu lakukan ? |
|
|
6. |
Apa yang akan kamu lakukan setelah mempelajari materi ini ? |
|
|
|
|
H. ASESMENT / PENILAIAN |
Assesmen Formatif 1. Penilaian sikap profil
pelajar pancasila 2. Penilaian proyek 3. Penilaian unjuk kerja Asesmen sumatif 4. Penilaian Evaluasi (Kisi-kisi soal, soal, kunci jawaban, penskoran(terlampir) |
I. PENGAYAAN/REMEDIAL |
1.
Kegiatan remedial: Peserta didik yang hasil belajarnya belum mencapai target
guru melakukan pengulangan materi dengan pendekatan
yang lebih individual dan memberikan tugas
individual tambahan untuk memperbaiki hasil belajar peserta
didik yang bersangkutan. 2.
Kegiatan pengayaan: Peserta didik yang daya tangkap
dan daya kerjanya lebih dari peserta didik lain, guru memberikan kegiatan pengayaan yang lebih
menantang dan memperkuat daya serapnya terhadap materi yang telah dipelajari.. |
H. LAMPIRAN |
A. BAHAN AJAR B.
MEDIA C.
LKPD D.
PENILAIAN |
DAFTAR
PUSTAKA
Arifin,Mulyati.dkk.2009. Ilmu Pengetahuan
Alam dan Lingkungan untuk kelas 1V Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyaah, Jakarta : Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional.
Azmiyawati,Choiril.dkk.2008. IPA
Salingteman 5 untuk SD/MI kelas V.Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Sulistyanto,Heri.2008. Ilmu
Pengetahuan Alam dan Lingkungan untuk SD/MI kelas 5, Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Amini, R., &
Saniyah, S. (2021).
Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Picture
And Picture di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 835-841.
Sari, F. B., Amini, R., & Mudjiran, M. (2020). Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Integrated di Sekolah Dasar.
Jurnal Basicedu, 4(4), 1194-1200.
Usmeldi, U., & Amini, R. (2021). Pelatihan
Penggunaan KIT IPA dan Pengembangan LKPD Berbasis Praktikum untuk
Guru IPA. Jurnal Abdimas Prakasa
Dakara, 1(2), 56-65.
https://serupa.id/project-based-learning/
Lampiran 1
BAHAN
AJAR
KELAS 4
SEKOLAH DASAR
MATA PELAJARAN
IPAS
SIKLUS AIR
Nama
Penulis :
RAHMI ERVINDA
BAHAN AJAR IPAS
Siklus Air
Capaian Pembelajaran :
Pada akhir fase B, peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air.
Indikator Pembelajaran :
1. Menjelaskan tahapan – tahapan siklus air.(C1)
2. Menganalisis proses terjadinya siklus air. (C4)
3. Menampilkan tahapan – tahapan siklus air.(C6)
Tujuan Pembelajaran :
1.
Dengan memahami
bahan bahan ajar siklus air, peserta didik dapat
menjelaskan siklus air dengan benar.
2.
Dengan melakukan aktivitas proyek, peserta didik dapat menganalisis proses
terjadinya siklus air dengan benar .
3.
Dengan melakukan
aktivitas proyek, peserta
didik dapat menampilkan hasil analisis tahapan – tahapan siklus air dengan benar
Proses Siklus Air
1.
Air di laut,
sungai, dan danau menguap akibat panas dari sinarmatahari. Proses penguapan ini disebut evaporasi.
Tumbuhan juga mengeluarkan uap air ke udara(transpirasi).
2.
Uap air dari permukaan
bumi naik dan berkumpul di udara. Lama- kelamaan, udaratidak dapat lagi menampung
uap air (jenuh). Proses ini disebut presipitasi (pengendapan).
3.
Ketika suhu udara turun, uap air akan berubah
menjadi titik-titik air.Proses ini disebut kondensasi (pengembunan).
4.
Titik-titik
air di awan akan turun menjadi hujan (presipitasi).
Air hujan akan turun didaratmaupun di laut.
5.
Air hujan yang jatuh di tanah akan meresap menjadi air tanah
(infiltarasi). Air tanah akan keluar melalui sumur. Air tanah juga merembes
ke danau/sungai. Airhujan yang jatuh ke perairan
(sungai/danau) akan menambah
jumlah air. Air sungai akan mengalir ke laut, namun
sebagian air menguap kembali. Air sungai yang menguap membentuk awan bersama dengan uap dari air laut dan tumbuhan.
Prosessiklus air pun terulang
lagi.
v Proses hidrologi air terbagi
menjadi 4 bagian,
yaitu:
·
Evaporasi: proses di mana air yang
ada di laut, rawa, sungai dan lainnya menguap
karena adanya pemanasan dari sinar matahari.
Dalam hal ini, air
diubah menjadi uap air atau
gas, sehingga bisa naik ke atmosfer.
Transpirasi: proses ini serupa dengan
evaporasi, hanya saja proses penguapan ini terjadi pada jaringan makhluk
hidup, seperti tumbuh-tumbuhan.
·
Kondensasi: proses di mana berubahnya uap air di atmosfer menjadi
partikel es yang sangat kecil di suhu yang rendah.
Partikel es tersebut
saling mendekat satu sama lain, sehingga akan menggumpal sebagai
awan.
·
Presipitasi: ketika terlalu banyak air yang terkondensasi maka tetesan air di awan akan menjadi besar dan berat untuk menahan di udara sehingga
jatuh sebagai hujan, salju atauhujan
es.
Lampiran 2
MEDIA PEMBELAJARAN
Media Video Pembelajran:
https://www.youtube.com/watch?v=JXu3ofcafXQ
gambar siklus air
Media diorama siklus air
Lampiran 3
LKPD
Lembar Kegiatan
Peserta Didik
Nama Anggota Kelompok : 1. ……………………….. 2. ………………………... 3. ………………………... 4. ………………………... |
Tujuan Pembelajaran : 1.
Dengan memahami bahan ajar siklus
air, peserta didik
dapat menjelaskan siklus
air dengan benar. 2.
Dengan
melakukan aktivitas proyek, peserta didik
dapat menganalisis proses terjadinya siklus air
dengan benar . 3.
Dengan melakukan aktivitas proyek, peserta didik dapat
menampilkan hasil analisis tahapan – tahapan siklus air dengan
benar. |
Petunjuk :
1.
Bacalah kembali bahan ajar materi “Siklus Air” 2.
Lakukanlah aktivitas membuat proyek diorama siklus air secara berkelompok. 3.
Bertanyalah kepada guru apabila mengalami kesulitan dalam aktivitas proyek. |
LKPD PROYEK
Materi : Siklus Air
Proyek : diorama Siklus Air
Langkah-langkah pembuatan
diorama siklus air :
Alat dan Bahan
Kardus bekas
Kertas
mar-mar ( warna hijau, biru tua, biru muda, coklat, Kertas Origami
Lem
Gunting
Kapas
Cara Membuat :
1.
Gunting kardus berbentuk segi empat 3 buah dengan
ukuran yang berbeda.
2.
Kardus pertama untuk laut dan kardus kedua untuk
daratan dan kardus ketiga untuk langit
3.
Bagian
langit dilapisi kertas mar-mar warna biru muda, laut di
lapisi
mar-mar warna biru tua dan daratan dilapisi kertas mar-mar
warna
coklat tua dan hutan kertas mar-mar
warna hijau.
4.
Buat pola awan kemudian tempelkan dengan kapas
5.
Buat pola pohon dari kardus, bagian daun dilapisi
dengan kertas mar-mar dan bagian batang dilapisi dengan kertas origami warna
coklat tua dan matahari kertas origami warna kuning lalu gunting sesuai pola
yang sudah digambar
6.
Buat beberapa buah kapal dari kertas origami
7.
Untuk awan hitam, awan putih, matahari dan
rintik-rintik hujan di tempel pada bagian kardus warna biru muda (langit)
8.
Gambar bentuk pohon bentuk 3 dimensi di tancapkan
pada kardus bagian daratan
9.
Kapal-kapal kecil ditancapkan pada karton bagian
laut
10.
Setelah semua gambar ditempel kemudian diberi nama
dan tanda panah dari kertas origami sesuai dengan urutan siklus air
DIORAMA SIKLUS AIR
Asesmen Formatif
A. Penilaian Sikap Profil Pelajar
Pancasila (PPP)
1.
Bernalar Kritis
2.
Bergotong royong
3.
Kreatif
Petunjuk :
Guru memberikan tanda (√) pada setiap kriteria
sesuai dengan nilai
karakter yang muncul dari peserta
didik
NO |
NAMA PESERTA DIDIK |
SIKAP |
JUMLAH SKOR |
NILAI |
|||||
Bernalar Kritis |
Bergotog Royong |
Kreatif |
|||||||
1 |
2 |
1 |
2 |
1 |
2 |
|
|
||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RUBRIK PENILAIAN
KRITERIA Profil Pelajar Pancasila |
SUDAH TAMPAK
(2) |
BELUM TAMPAK
(1) |
Bernalar Kritis |
Peserta didik
sudah tampak mampu dalam memecahkan masalah. |
Peserta didik belum
tampak mampu dalam memecahkan masalah. |
Bergotong royong |
Peserta didik sudah
tampak kompak dan berkolaborasi dalam menyelesaikan hasil
proyek yang diberikan |
Peserta didik belum tampak kompak dan berkolaborasi dalam menyelesaikan hasil
proyek yang diberikan |
Kreatif |
Peserta didik
sudah tampak kreatif dalam
menyelesaikan hasil proyek yang diberikan |
Peserta didik
sudah tampak kreatif dalam
menyelesaikan hasil proyek yang diberikan |
B.
Format Penilaian Proyek
Muatan Pembelajaran : IPAS Kelas/Fase : IV/ B
Nama Proyek : Membuat
Diorama Siklus Air
Waktu :
Nama
Anggota Kelompok:
1. …………………………….
2. …………………………….
3. .……………………………..
4. ……………………………..
No |
Aspek Penilian |
Skor |
||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
||
1 |
Perencanaan |
|
|
|
|
|
|
Persiapan pemilihan alat dan bahan |
|
|
|
|
|
2 |
Pelaksanaan |
|
|
|
|
|
|
Proses pengamatan |
|
|
|
|
|
|
Langkah-langkah pembuatan |
|
|
|
|
|
|
Teknik Pembuatan |
|
|
|
|
|
3 |
Laporan Proyek |
|
|
|
|
|
|
Hasil produk |
|
|
|
|
|
|
Laporan laporan proyek |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Skordiberikan dengan rentangan 1-5 Jika proses sempurnamakan akan diberikan nilai
tertinggi (5)
C.
Penilaian
Unjuk Kerja
Prosedur penilaian :
unjuk kerja produk
Teknik penilaian :
observasi
NO |
ASPEK YANG DINILAI |
SKOR |
Bobot
maksimal |
NILAI |
1. |
Kreatif |
|
20 |
|
2. |
Tata Letak
Diorama |
|
20 |
|
3. |
Kelengkapan Objek |
|
20 |
|
4. |
Kerapian |
|
20 |
|
5. |
Kebersihan |
|
20 |
|
|
Skor perolehan |
|
|
|
Nilai = Skor perolehan x 100
Skor maksimal
Kisi Kisi Soal evaluasi
No |
CP |
SOAL |
Level Kognitif |
Bentuk Soal |
Skor |
No |
|
peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan
kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air |
1. Perubahan yang terjadi pada
air secara berulang dalam
suatu pola tertentu disebut ... |
C4 |
PG |
1 |
|
2. Proses
perputaran air disebut sebagai
siklus air, daur air,atau siklus ... |
C1 |
PG |
1 |
|
||
3. Air
di bumi tidak pernah habis walaupun
terus menerus di gunakan … |
C2 |
PG |
1 |
|
||
4. Terjadinya siklusair sangat dipengaruhi oleh
... |
C4 |
PG |
1 |
|
||
5. Uap
air naik keudara membentuk …. |
C2 |
PG |
1 |
|
||
6. Uap air yang suhunya turun akan
berubah menjadi air. Air ini akan
berkumpul di angkasa dan turun menjadi
…. |
C2 |
PG |
1 |
|
||
7. Suhu
udara yang dingin membuat uap air mengalami pengembunan yang disebut ... |
C3 |
PG |
1 |
|
||
8. Air di laut,
sungai,danau, waduk mengalami
penguapan karena sinar matahari disebut ... |
C4 |
PG |
1 |
|
||
9. Jatuhnya
titik air ke bumi sebagai hujan disebut ... |
C6 |
PG |
1 |
|
||
10. Air hujan
dapat menjadi air tanah karena proses …. |
C2 |
PG |
1 |
|
||
|
|
|
|
|
SOAL EVALUASI
Berilah tanda (X) pada jawaban yang di anggap
benar!
1.
Perubahan yang terjadi pada air secara berulang
dalam suatu pola tertentu
disebut ...
a. siklus Udara
b. siklus Air
c. siklus Angin
d. siklus Tanah
2.
Proses perputaran air disebut
sebagai siklus air, daur air, atau siklus ...
a. biologi
b. antropologi
c. zoologi
d. hidrologi
3.
Air di bumi tidak pernah habis walaupun
terus menerus digunakan.
Hal ini
dikarenakan air mengalami ….
a.
perputaran
b.
penambahan
c.
pencampuran
d. pengurangan
4.
Terjadinya siklus air sangat dipengaruhi oleh ...
a.
angunan
b.
bebatuan
c.
cahaya Matahari
d.
manusia
5.
Uap air ke udara membentuk
…
a.
pelangi
b.
awan
c.
es
d.
hujan
6.
Uap air yang suhunya turun akan berubah menjadi air. Air ini akan berkumpul di angkasa kemudian
turun menjadi …
a. hujan
b.
kabut
c.
angin
d. pelangi
7.
Suhu udara yang dingin membuat uap air mengalami pengembunan yang disebut ...
a.
evaporasi
b.
kondensasi
c.
infiltrasi
d.
presipitasi
8.
Air di laut, sungai, danau, waduk mengalami
penguapan karena sinar matahari disebut ...
a.
kondensasi
b.
presipitasi
c.
infiltrasi
d.
evaporasi
9.
Jatuhnya titik air ke bumi sebagai hujan
disebut ...
a.
kondensasi
b.
infiltrasi
c.
presipitasi
d.
evaporasi
10.
Air hujan dapat menjadi air tanah
karena proses…. …
a.
infiltrasi
b. evaporasi
c.
kondensasi
d. presipitasi
KUNCI JAWABAN EVALUASI :
Pilihan Ganda : 1.B
2.D
3.A
4.C
5.B
6.A
7.B
8.D
9.C
10.A
Intrumen Penilaian Evaluasi
Satuan Pendidikan : SDN 14
Labuah
Bidang Studi : IPAS
Materi : Siklus
Air
Kelas : IV/B
Semester I
No |
Nama Peserta Didik |
No Soal dan Skor Penilaian Pilihan Ganda |
Nilai Akhir |
|||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
|||
1 |
1 |
1 |
1 |
1 |
1 |
1 |
1 |
1 |
1 |
|||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
No Soal
Skor
Penilaian
NA = SP/SM X 100
SP = skor
perolehan SM = skor Maksimal
(10)
Komentar
Posting Komentar