modul ajar dari guru kami Rahmi Ervinda dalam mengikuti PPG tahun 2023

 

 

MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA  FASE B KELAS IV

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                Nama Penyusun          : RAHMI ERVINDA, S.Pd

                        ID Simpkb                  : 201502932503

                        Unit Kerja                   : SDN 14 Labuah

                        Mata Pelajaran : IPAS ( Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial )

                        Kelas /semester           : IV/ 1

 

 

 

 

PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG)

DALAM JABATAN ANGKATAN II

UNIVERSITAS BINA BANGSA GETSEMPENA

2023

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Capaian Pembelajaran IPAS

FaseB

 

A.   CAPAIAN PEMBELAJARAN

Pada Fase B peserta didik mengidentifikasi keterkaitan antara pengetahuan - pengetahuan yang baru saja diperoleh serta mencari tahu bagaimana konsep- konsep Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial berkaitan satu sama lain yang ada di lingkungan sekitar dalam kehidupan sehari-hari. Penguasaan peserta didik terhadap materi yang sedang dipelajari ditunjukkan dengan menyelesaikan tantangan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Selanjutnya peserta didik mengusulkan ide/ menalar, melakukan investigasi/ penyelidikan/ percobaan, mengomunikasikan, menyimpulkan, merefleksikan, mengaplikasikan dan melakukan tindak lanjut dari proses inkuiri yang sudah dilakukannya

 

B.    CAPAIAN PEMBELAJARAN PER ELEMEN

No

Elemen

Capaian pembelajaran

1

BUMI DAN ALAM SEMESTA

Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup. Peserta didik mengidentifikasi proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik mengidentifikasi sumber dan bentuk energi serta menjelaskan proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari (contoh: energi kalor, listrik, bunyi, cahaya). Peserta didik memanfaatkan gejala kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari, mendemonstrasikan berbagai jenis gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak dan bentuk benda. Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air. Di akhir fase ini, peserta didik menjelaskan tugas, peran, dan tanggung jawab sebagai warga sekolah serta mendeskripsikan bagaimana interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah. Peserta didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat. Peserta didik mampu menunjukkan letak kota/ kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya pada peta konvensional/digital. Peserta didik mendeskripsikan keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal dan upaya pelestariannya. Peserta didik mengenal keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah (baik tokoh maupun periodisasinya) di provinsi tempat tinggalnya serta menghubungkan dengan konteks kehidupan saat ini. Peserta didik mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan, mengenal nilai mata uang dan mendemonstrasikan bagaimana uang digunakan untuk mendapatkan nilai manfaat/ memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

 

 

 

 


                                         MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA 2023

                                                                                   IPAS SD KELAS 4

 

INFORMASI UMUM

A. IDENTITAS MODUL

Penyusun

:

Rahmi Ervinda, S.Pd

Instansi

:

SD Negeri 14 Labuah

Tahun Penyusunan

:

Tahun 2023

Jenjang Sekolah

:

SD

Fase / Kelas

:

B / 4

Mata Pelajaran

:

IPAS (Ilmu pengetahuan alam dan social)

Elemen

Bab / Topik

:

:

Bumi dan Alam Semesta

Urutan siklus air

Alokasi Waktu

:

1x Pertemuan 2x35 Menit  (70Menit)

B. KOMPETENSI AWAL

1.      Peserta didik dapat mengamati perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia

2.      Peserta didik dapat mengetahui ciri-ciri akan turunnya hujan

C. PROFIL PELAJAR PANCASILA

1.      Beriman ,bertakwa kepada Tuhan YME Dan berahlak mulia.

2.      Bernalar kritis    : Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan

3.      Gotong royong : Berkerja sama dan kolaborasi

4.      Kreatif                : Menghasilkan karya serta tindakan yang original.

D. SARANA DAN PRASARANA

Media                       :    Video pembelajaran

https://www.youtube.com/watch?v=JXu3ofcafXQ

Media Diorama, media gambar

Alat                          :    Komputer/laptop, infokus (proyektor), speaker aktif, jaringan internet.

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

Sumber belajar      :    Materi ajar, buku siswa, buku guru,dan video

E. TARGET PESERTA DIDIK

v  Siswa secara umum yang akan dibelajarkan bisa di kelas reguler.

v  Siswa yang mengalami kesulitan belajar dikarenakan mempunyai keterbatasan terhadap gaya belajar anak, sulit  konsentrasi,  sulit memahami materi baru serta tidak percaya diri

v  Siswa memiliki kemampuan pencapaian yang tinggi dan dapat memahami materi dengan cepat hingga mempunyai keterampilan dalam memimpin.


F . KARAKTER PESERTA DIDIK

Umum, tidak ada kesulitan dalam memahami materi ajar

 G. JUMLAH PESERTA DIDIK

16 Orang

H. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN

1.    Model yang akan digunakan dalam pembelajaran adalah model pembelajaran Project Based Learning (PjLB) yang akan menghasilkan gambar sederhana siklus air. Adapun langkah / sintak dari Project Based Learning (PjLB) adalah sebagai berikut:

1)        Penentuan pertanyaan mendasar.

2)        Mendesain perencenaan proyek.

3)        Menyusun jadwal.

4)        Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek.

5)        Menilai hasil proyek

6)        Mengevaluasi pengalaman.

2.    Metode Pembelajaran :

                Diskusi, presentasi,ceramah dan tanya jawab.

 KOMPONEN INTI

A. CAPAIAN PEMBELAJARAN

Pada akhir fase B, peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air

B.    ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

1.       Peserta didik dapat Menjelaskan tahapan tahapan siklus air.(C1)

2.       Peserta didik dapat Menganalisis proses terjadinya siklus air. (C4)

3.       Peserta didik dapat menampilkan hasil analisis tahapan tahapan siklus air.(C6)

C.    TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

1.      Dengan mengamati gambar/video peserta didik dapat menjelaskan tahapan-tahapan siklus air dengan benar. (C1)

2.      Dengan melakukan aktivitas proyek, peserta didik dapat menganalisis proses terjadinya siklus air dengan benar. (C4)

3.      Dengan melakukan aktivitas proyek, peserta didik dapat menampilkan hasil analisis tahapan tahapan siklus air dengan benar. (C6)

D. PEMAHAMAN BERMAKNA

Setelah pembelajaran berakhir peserta didik diharapkan mampu menyimpulkan tentang siklus air dan pentingnya menghemat air karena:

Air merupakan salah satu sumber kehidupan di muka bumi ini. Air selalu ada di bumi karena mengalami siklus. Siklus merupakan putaran atau rangkaian kejadian yang berulang-ulang secara tetap dan teratur. Siklus air merupakan pergerakan air dari

permukaan bumi ke atmosfer dan kembali lagi ke permukaan bumi

 

 

E. PERTANYAAN PEMANTIK

 

1.        Bagaimana ciri-ciri akan turun hujan?

2.        Dari mana air hujan itu berasal?

3.        Jika dari hulu hujan telah turun, mengapa air hujan  di langit tidak habis?

 

 

 

 


 

 

F. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Awal (10 Menit)

1.      Mengkondisikan peserta didik (guru memberi salam, peserta didik berdo’a, memeriksa kehadiran peserta didik)

2.      Peserta didik menyanyikan lagu “Garuda pancasila”

3.    Peserta didik menyimak apersepsi dari guru tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pengalamannya sebagai bekal pelajaran berikutnya

4.     Peserta didik mendapat informasi dari guru mengenai tujuan pembelajaran pada hari ini.

Kegiatan Inti ( 50 Menit)

Penentuan Pertanyaan mendasar

5.     Guru menunjukkan sebuah gambar tentang tahapan- tahapan siklus air kemudian peserta didik diberikan pertanyaan

·        Bagaimana ciri-ciri akan turunnya hujan ?

·        Dari mana air hujan berasal ?

·        Jika dari dahulu hujan telah turun, mengapa air hujan  di langit tidak habis?

 

6.      Peserta didik diminta menyimak  video pembelajaran  yang ditampilkan guru tentang tahapan-tahapan siklus air

                       

             

           https://www.youtube.com/watch?v=JXu3ofcafXQ

 

7.      Peserta didik diarahkan untuk mengemukakan pendapat atau bertanya berkaitan dengan video pembelajaran yang telah dilihat saksikan tadi

 

 Mendesain Perencanaan Proyek

 

8.      Peserta didik dibagi dalam 4 kelompok,masing-masing kelompok 

      terdiri dari 4 orang

9.      Peserta didik diajak oleh guru untuk merencanakan sebuah proyek membuat diorama tahapan-tahapan siklus air

10.  Guru membagikan LKPD

11.  Peserta didik mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk proyek diorama siklus air.

12.  Guru menjelaskan prosedur dalam pembuatan proyek tersebut

 

 Menyusun Jadwal

13.  Peserta didik dan guru membuat kesepakatan tentang jadwal pembuatan proyek, proyek harus diselesaikan hari ini. Waktu  pengerjaan proyek kurang lebih 25 menit

14.  Siswa dan peserta didik membuat kesepakatan tentang waktu persiapan dan menampilkan karya kedepan kelas selama 10 menit

 

 Memonitor Peserta Didik dan Kemajuan Proyek

15.  Guru berkeliling memantau keaktifan peserta didik selama melaksanakan proyek, memantau realisasi perkembangan dan membimbing jika mengalami kesulitan.

16.  Peserta didik melakukan pembuatan proyek sesuai jadwal, mendiskusikan masalah yang muncul selama penyelesaian proyek dengan guru

 

Menilai Hasil Proyek

17.  Setelah selesai peserta didik diingatkan untuk selalu menjaga kebersihan kelas dengan membersihkan sisa hasil karya dan  merapikan peralatan yang telah digunakan

18.  Peserta didik mengkomunikasikan hasil proyek dengan cara presentasi             di depan kelas dan kelompok lain diberi kesempatan untuk menanggapi

 

 Mengevaluasi Pengalaman

19.  Guru menanyakan bagaimana pengalaman selama mengerjakan  proyek

·         Guru memilih kelompok terbaik, baik dari segi kekompakkan maupun dari segi produk yang dihasilkan

·         Guru memberikan reward kepada kelompok terbaik

20.     Peserta didik bersama dengan guru memajang hasil karya nya ditempat yang telah disedia

 

Kegiatan Penutup ( 10 Menit)

21.  Guru dan peserta didik melakukan ice breaking untuk menambah semangat dalam pembelajaran

22.  Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran terkait materi siklus air

23.  Peserta didik melakukan soal evaluasi yang di berikan guru

24.  Guru memberikan tindak lanjut dan pesan pesan moral

25.  Peserta didik bersama guru menutup pembelajaran dengan ucapan syukur

 


 

 

G. REFLEKSI PEMBELAJARAN

Tebel Refleksi untuk Guru

NO

Pertanyaan

Jawaban

 

1

Apakah seluruh peserta didik mengikuti pembelajaran dengan antusias pada hari ini ?

 

 

2

Apakah tujuan pembelajaran telah tercapai ?

 

3

Kesulitan apa yang dialami ?

 

4

Apakah peserta didik paham dengan penyampaian materi pembelajaran hari ini ?

 

5

Apakah pemilihan media pembelajaran telah    mencerminkan tujuan pembelajaran yang akan dicapai

 

6

Apakah model PJBL yang saya gunakan sudah sesuai dengan langkah-langkahnya?

 

 

Tebel Refleksi untuk peserta didik

NO

Pertanyaan

Jawaban

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1

Bagaimana perasaanmu saat mengikuti pelajaran ini ?

 

2.

Hal apa yang membuatmu bersemangat saat belajar hari ini ?

 

3.

Apa kesulitanmu dalam menyelesaikan tugas ini ?

 

4.

Bagaimana pendapatmu mengenai media yang ibu gunakan hari ini ?

 

5.

Jika kamu diminta untuk memberikan bintang 1 sampai 5, berapa bintang yang akan kamu berikan pada usaha yang telah kamu lakukan ?

 

 

6.

Apa yang akan kamu lakukan setelah mempelajari materi ini ?

 

 

 


 

H. ASESMENT / PENILAIAN

Assesmen Formatif

1.      Penilaian sikap profil pelajar pancasila

2.      Penilaian proyek

3.      Penilaian unjuk kerja

Asesmen sumatif

4.      Penilaian Evaluasi (Kisi-kisi soal, soal, kunci jawaban, penskoran(terlampir)

I. PENGAYAAN/REMEDIAL

1.        Kegiatan remedial:

Peserta didik yang hasil belajarnya belum mencapai target guru melakukan pengulangan materi dengan pendekatan yang lebih individual dan memberikan tugas individual tambahan untuk memperbaiki hasil belajar peserta didik yang bersangkutan.

2.        Kegiatan pengayaan:

             Peserta didik yang daya tangkap dan daya kerjanya lebih dari peserta didik lain, guru  

             memberikan kegiatan pengayaan yang lebih menantang dan memperkuat daya serapnya

             terhadap materi yang telah dipelajari..

H. LAMPIRAN

A.     BAHAN AJAR

B.     MEDIA

C.     LKPD

D.     PENILAIAN

 

       DAFTAR PUSTAKA

 

 Arifin,Mulyati.dkk.2009. Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan untuk kelas 1V Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyaah, Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Azmiyawati,Choiril.dkk.2008. IPA Salingteman 5 untuk SD/MI kelas V.Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Sulistyanto,Heri.2008. Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan untuk SD/MI kelas 5, Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Amini, R., & Saniyah, S. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Picture And Picture di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 835-841.

Sari, F. B., Amini, R., & Mudjiran, M. (2020). Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Integrated di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1194-1200.

Usmeldi, U., & Amini, R. (2021). Pelatihan Penggunaan KIT IPA dan Pengembangan LKPD Berbasis Praktikum untuk Guru IPA. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 1(2), 56-65.

 

https://serupa.id/project-based-learning/

 

 

 

 


Lampiran 1

 

 

 

 

 

 

 

BAHAN AJAR

 

               KELAS 4

               SEKOLAH DASAR

 

MATA PELAJARAN

                 IPAS

              SIKLUS AIR

 

Nama Penulis :

 

RAHMI ERVINDA


BAHAN AJAR IPAS

Siklus Air

 

 

 

 

 

Capaian Pembelajaran :

Pada akhir fase B, peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air.

 

Indikator Pembelajaran :

1.  Menjelaskan tahapan tahapan siklus air.(C1)

2.  Menganalisis proses terjadinya siklus air. (C4)

3.  Menampilkan tahapan tahapan siklus air.(C6)

 

Tujuan Pembelajaran :

1.             Dengan memahami bahan bahan ajar siklus air, peserta didik dapat menjelaskan siklus air dengan benar.

2.             Dengan melakukan aktivitas proyek, peserta didik dapat menganalisis proses terjadinya siklus air dengan benar .

3.             Dengan melakukan aktivitas proyek, peserta didik dapat menampilkan hasil  analisis tahapan tahapan siklus air dengan benar

 

 



 


 

 



Proses Siklus Air


1.              Air di laut, sungai, dan danau menguap akibat panas dari sinarmatahari. Proses penguapan ini disebut evaporasi. Tumbuhan juga mengeluarkan uap air ke udara(transpirasi).

 

2.              Uap air dari permukaan bumi naik dan berkumpul di udara. Lama- kelamaan, udaratidak dapat lagi menampung uap air (jenuh). Proses ini disebut presipitasi (pengendapan).

 

3.              Ketika suhu udara turun, uap air akan berubah menjadi titik-titik air.Proses ini disebut kondensasi (pengembunan).

 

4.              Titik-titik air di awan akan turun menjadi hujan (presipitasi). Air hujan akan turun didaratmaupun di laut.

 

5.              Air hujan yang jatuh di tanah akan meresap menjadi air tanah (infiltarasi). Air tanah akan keluar melalui sumur. Air tanah juga merembes ke danau/sungai. Airhujan yang jatuh ke perairan (sungai/danau) akan menambah jumlah air. Air sungai akan mengalir ke laut, namun

sebagian air menguap kembali. Air sungai yang menguap membentuk awan bersama dengan uap dari air laut dan tumbuhan. Prosessiklus air pun terulang lagi.

 

v  Proses hidrologi air terbagi menjadi 4 bagian, yaitu:

·         Evaporasi: proses di mana air yang ada di laut, rawa, sungai dan lainnya menguap karena adanya pemanasan dari sinar matahari. Dalam hal ini, air diubah menjadi uap air atau  gas, sehingga  bisa naik ke atmosfer.

Transpirasi: proses ini serupa dengan evaporasi, hanya saja proses penguapan ini terjadi pada jaringan makhluk hidup, seperti tumbuh-tumbuhan.

·         Kondensasi: proses di mana berubahnya uap air di atmosfer menjadi partikel es yang sangat kecil di suhu yang rendah. Partikel es tersebut saling mendekat satu sama lain, sehingga akan menggumpal sebagai awan.

·         Presipitasi: ketika terlalu banyak air yang terkondensasi maka tetesan air di awan akan menjadi besar dan berat untuk menahan di udara sehingga jatuh sebagai hujan, salju atauhujan es.


Lampiran 2


MEDIA PEMBELAJARAN


 

 

Media Video Pembelajran:


 

https://www.youtube.com/watch?v=JXu3ofcafXQ

 

gambar siklus air

 

 

                  Media diorama siklus air

                    


Lampiran 3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LKPD

Lembar Kegiatan Peserta Didik

 

 

 

 

 

 

Nama Anggota Kelompok :

1. ………………………..

2. ………………………...

3. ………………………...

4. ………………………...



 

 

 

 

 

 

 

 

Tujuan Pembelajaran :

1.             Dengan memahami bahan ajar siklus air, peserta didik dapat menjelaskan siklus air dengan benar.

2.             Dengan melakukan aktivitas proyek, peserta didik dapat menganalisis proses terjadinya siklus air dengan benar .

3.             Dengan melakukan aktivitas proyek, peserta didik dapat menampilkan hasil analisis tahapan tahapan siklus air dengan benar.

 

 

Petunjuk :

 

1.          Bacalah kembali bahan ajar materi “Siklus Air”

2.      Lakukanlah aktivitas membuat proyek diorama siklus air secara berkelompok.

3.      Bertanyalah kepada guru apabila mengalami kesulitan dalam aktivitas proyek.



 

 

LKPD PROYEK

Materi : Siklus Air

Proyek : diorama Siklus Air

Langkah-langkah pembuatan diorama siklus air :

          Alat dan Bahan

Kardus bekas

Kertas mar-mar ( warna hijau, biru tua, biru muda, coklat, Kertas Origami

Lem

Gunting

Kapas

Cara Membuat :

1.             Gunting kardus berbentuk segi empat 3 buah dengan ukuran yang berbeda.

2.             Kardus pertama untuk laut dan kardus kedua untuk daratan dan kardus ketiga untuk langit

3.         Bagian langit dilapisi kertas mar-mar warna biru muda, laut di    

    lapisi mar-mar warna biru tua dan daratan dilapisi kertas mar-mar   

     warna coklat tua dan  hutan kertas mar-mar warna hijau.

4.             Buat pola awan kemudian tempelkan dengan kapas

5.             Buat pola pohon dari kardus, bagian daun dilapisi dengan kertas mar-mar dan bagian batang dilapisi dengan kertas origami warna coklat tua dan matahari kertas origami warna kuning lalu gunting sesuai pola yang sudah digambar

6.             Buat beberapa buah kapal dari kertas origami

7.             Untuk awan hitam, awan putih, matahari dan rintik-rintik hujan di tempel pada bagian kardus warna biru muda (langit)

8.             Gambar bentuk pohon bentuk 3 dimensi di tancapkan pada kardus bagian daratan

9.             Kapal-kapal kecil ditancapkan pada karton bagian laut

10.        Setelah semua gambar ditempel kemudian diberi nama dan tanda panah dari kertas origami sesuai dengan urutan siklus air

 

DIORAMA SIKLUS AIR

 

 


          Asesmen Formatif

A.  Penilaian  Sikap Profil  Pelajar   Pancasila   (PPP)

1.   Bernalar Kritis

2.   Bergotong royong

3.   Kreatif

 

Petunjuk :

Guru memberikan tanda (√) pada setiap kriteria sesuai dengan nilai

karakter yang muncul dari peserta didik

 

NO

          NAMA PESERTA DIDIK

                        SIKAP

JUMLAH

SKOR

NILAI

Bernalar Kritis

Bergotog Royong

 Kreatif

1

2

1

2

1

2

 

 

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

11

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RUBRIK PENILAIAN

KRITERIA

Profil Pelajar Pancasila

SUDAH TAMPAK (2)

BELUM TAMPAK (1)

Bernalar Kritis

Peserta didik sudah tampak

mampu dalam memecahkan masalah.

Peserta didik belum tampak

mampu dalam memecahkan masalah.

Bergotong royong

Peserta didik sudah tampak kompak dan berkolaborasi dalam menyelesaikan hasil proyek yang diberikan

Peserta didik belum tampak kompak dan berkolaborasi dalam menyelesaikan hasil proyek yang diberikan

Kreatif

Peserta didik sudah tampak

kreatif dalam menyelesaikan hasil proyek yang diberikan

Peserta didik sudah tampak

kreatif dalam menyelesaikan hasil proyek yang diberikan


B.     Format Penilaian Proyek

 

Muatan Pembelajaran           : IPAS Kelas/Fase                     : IV/ B

Nama Proyek                         : Membuat Diorama Siklus Air

Waktu                                    :

Nama Anggota Kelompok:

1.     …………………………….

2.    …………………………….

3.    .……………………………..

4.    ……………………………..

 

 

 

No

Aspek Penilian

Skor

1

2

3

4

5

1

Perencanaan

 

 

 

 

 

 

Persiapan pemilihan alat dan bahan

 

 

 

 

 

2

Pelaksanaan

 

 

 

 

 

 

Proses pengamatan

 

 

 

 

 

 

Langkah-langkah pembuatan

 

 

 

 

 

 

Teknik Pembuatan

 

 

 

 

 

3

Laporan Proyek

 

 

 

 

 

 

Hasil produk

 

 

 

 

 

 

Laporan laporan proyek

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Skordiberikan dengan rentangan 1-5 Jika proses sempurnamakan akan diberikan nilai tertinggi (5)


C.     Penilaian Unjuk Kerja

                        Prosedur penilaian : unjuk kerja produk

                        Teknik penilaian : observasi

 

NO

ASPEK YANG DINILAI

SKOR

  Bobot  maksimal

NILAI

1.

Kreatif

 

20

 

2.

Tata Letak Diorama

 

20

 

3.

Kelengkapan Objek

 

20

 

4.

Kerapian

 

20

 

5.

Kebersihan

 

20

 

 

Skor perolehan

 

 

 

               Nilai =  Skor perolehan x 100

                             Skor maksimal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Asesmen Sumatif

 

 

Kisi Kisi Soal evaluasi  

 

No

CP

SOAL

Level Kognitif

Bentuk Soal

Skor

No

 

peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air

1. Perubahan yang terjadi pada air secara berulang dalam suatu pola tertentu disebut ...

C4

PG

1

 

2. Proses perputaran air disebut sebagai siklus air, daur air,atau siklus ...

C1

PG

1

 

3. Air di bumi tidak pernah habis walaupun terus menerus di gunakan

C2

PG

1

 

4. Terjadinya siklusair sangat dipengaruhi oleh ...

C4

PG

1

 

5. Uap air naik keudara membentuk ….

C2

PG

1

 

6. Uap air yang suhunya turun akan berubah menjadi air. Air ini akan berkumpul di angkasa

dan turun menjadi ….

C2

PG

1

 

7. Suhu udara yang dingin membuat uap air mengalami pengembunan yang disebut ...

C3

PG

1

 

8. Air di laut, sungai,danau, waduk mengalami penguapan karena sinar matahari disebut ...

C4

PG

1

 

9. Jatuhnya titik air ke bumi sebagai hujan disebut ...

C6

PG

1

 

10. Air hujan dapat menjadi air tanah karena proses ….

C2

PG

1

 

 

 

 

 

 


                                                                 SOAL EVALUASI

Berilah tanda (X) pada jawaban yang di anggap benar!

 

1.   Perubahan yang terjadi pada air secara berulang dalam suatu pola tertentu disebut ...

a.  siklus Udara

b. siklus Air

c.  siklus Angin

d. siklus Tanah

 

2.   Proses perputaran air disebut sebagai siklus air, daur air, atau siklus ...

a.  biologi

b. antropologi

c.  zoologi

d. hidrologi

 

3.   Air di bumi tidak pernah habis walaupun terus menerus digunakan. Hal ini

dikarenakan air mengalami ….

a.    perputaran

b.   penambahan

c.    pencampuran

d.   pengurangan

 

4.   Terjadinya siklus air sangat dipengaruhi oleh ...

a.    angunan

b.   bebatuan

c.    cahaya Matahari

d.   manusia

 

5.   Uap air ke udara membentuk

a.     pelangi

b.     awan

c.     es

d.     hujan

 

6.   Uap air yang suhunya turun akan berubah menjadi air. Air ini akan berkumpul di angkasa kemudian turun menjadi

a.    hujan

b.   kabut

c.    angin

d.   pelangi

 

7.   Suhu udara yang dingin membuat uap air mengalami pengembunan yang disebut ...

a.    evaporasi

b.   kondensasi

c.    infiltrasi

d.   presipitasi


8.  Air di laut, sungai, danau, waduk mengalami penguapan karena sinar matahari disebut ...

a.    kondensasi

b.   presipitasi

c.    infiltrasi

d.   evaporasi

 

9.   Jatuhnya titik air ke bumi sebagai hujan disebut ...

a.    kondensasi

b.   infiltrasi

c.    presipitasi

d.   evaporasi

10.     Air hujan dapat menjadi air tanah      karena proses….

a.   infiltrasi

b.  evaporasi

c.   kondensasi

d.  presipitasi

 

 

 


KUNCI JAWABAN EVALUASI :

Pilihan Ganda : 1.B

2.D

3.A

4.C

5.B

6.A

7.B

8.D

9.C

10.A

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Intrumen Penilaian Evaluasi

 

Satuan Pendidikan              : SDN 14 Labuah

Bidang Studi                       : IPAS

Materi                                 : Siklus Air

Kelas                                   : IV/B

Semester                              I

 

No

 

Nama Peserta Didik

No Soal dan Skor Penilaian Pilihan

Ganda

 

Nilai Akhir

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

1

1

1

1

1

1

1

1

1

1

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

11

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

13

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

14

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan :

No Soal

Skor Penilaian

NA = SP/SM X 100

SP = skor perolehan    SM = skor Maksimal (10)

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA  FASE B KELAS IV

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                Nama Penyusun          : RAHMI ERVINDA, S.Pd

                        ID Simpkb                  : 201502932503

                        Unit Kerja                   : SDN 14 Labuah

                        Mata Pelajaran : IPAS ( Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial )

                        Kelas /semester           : IV/ 1

 

 

 

 

PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG)

DALAM JABATAN ANGKATAN II

UNIVERSITAS BINA BANGSA GETSEMPENA

2023

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Capaian Pembelajaran IPAS

FaseB

 

A.   CAPAIAN PEMBELAJARAN

Pada Fase B peserta didik mengidentifikasi keterkaitan antara pengetahuan - pengetahuan yang baru saja diperoleh serta mencari tahu bagaimana konsep- konsep Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial berkaitan satu sama lain yang ada di lingkungan sekitar dalam kehidupan sehari-hari. Penguasaan peserta didik terhadap materi yang sedang dipelajari ditunjukkan dengan menyelesaikan tantangan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Selanjutnya peserta didik mengusulkan ide/ menalar, melakukan investigasi/ penyelidikan/ percobaan, mengomunikasikan, menyimpulkan, merefleksikan, mengaplikasikan dan melakukan tindak lanjut dari proses inkuiri yang sudah dilakukannya

 

B.    CAPAIAN PEMBELAJARAN PER ELEMEN

No

Elemen

Capaian pembelajaran

1

BUMI DAN ALAM SEMESTA

Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup. Peserta didik mengidentifikasi proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik mengidentifikasi sumber dan bentuk energi serta menjelaskan proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari (contoh: energi kalor, listrik, bunyi, cahaya). Peserta didik memanfaatkan gejala kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari, mendemonstrasikan berbagai jenis gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak dan bentuk benda. Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air. Di akhir fase ini, peserta didik menjelaskan tugas, peran, dan tanggung jawab sebagai warga sekolah serta mendeskripsikan bagaimana interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah. Peserta didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat. Peserta didik mampu menunjukkan letak kota/ kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya pada peta konvensional/digital. Peserta didik mendeskripsikan keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal dan upaya pelestariannya. Peserta didik mengenal keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah (baik tokoh maupun periodisasinya) di provinsi tempat tinggalnya serta menghubungkan dengan konteks kehidupan saat ini. Peserta didik mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan, mengenal nilai mata uang dan mendemonstrasikan bagaimana uang digunakan untuk mendapatkan nilai manfaat/ memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

 

 

 

 


                                         MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA 2023

                                                                                   IPAS SD KELAS 4

 

INFORMASI UMUM

A. IDENTITAS MODUL

Penyusun

:

Rahmi Ervinda, S.Pd

Instansi

:

SD Negeri 14 Labuah

Tahun Penyusunan

:

Tahun 2023

Jenjang Sekolah

:

SD

Fase / Kelas

:

B / 4

Mata Pelajaran

:

IPAS (Ilmu pengetahuan alam dan social)

Elemen

Bab / Topik

:

:

Bumi dan Alam Semesta

Urutan siklus air

Alokasi Waktu

:

1x Pertemuan 2x35 Menit  (70Menit)

B. KOMPETENSI AWAL

1.      Peserta didik dapat mengamati perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia

2.      Peserta didik dapat mengetahui ciri-ciri akan turunnya hujan

C. PROFIL PELAJAR PANCASILA

1.      Beriman ,bertakwa kepada Tuhan YME Dan berahlak mulia.

2.      Bernalar kritis    : Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan

3.      Gotong royong : Berkerja sama dan kolaborasi

4.      Kreatif                : Menghasilkan karya serta tindakan yang original.

D. SARANA DAN PRASARANA

Media                       :    Video pembelajaran

https://www.youtube.com/watch?v=JXu3ofcafXQ

Media Diorama, media gambar

Alat                          :    Komputer/laptop, infokus (proyektor), speaker aktif, jaringan internet.

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

Sumber belajar      :    Materi ajar, buku siswa, buku guru,dan video

E. TARGET PESERTA DIDIK

v  Siswa secara umum yang akan dibelajarkan bisa di kelas reguler.

v  Siswa yang mengalami kesulitan belajar dikarenakan mempunyai keterbatasan terhadap gaya belajar anak, sulit  konsentrasi,  sulit memahami materi baru serta tidak percaya diri

v  Siswa memiliki kemampuan pencapaian yang tinggi dan dapat memahami materi dengan cepat hingga mempunyai keterampilan dalam memimpin.


F . KARAKTER PESERTA DIDIK

Umum, tidak ada kesulitan dalam memahami materi ajar

 G. JUMLAH PESERTA DIDIK

16 Orang

H. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN

1.    Model yang akan digunakan dalam pembelajaran adalah model pembelajaran Project Based Learning (PjLB) yang akan menghasilkan gambar sederhana siklus air. Adapun langkah / sintak dari Project Based Learning (PjLB) adalah sebagai berikut:

1)        Penentuan pertanyaan mendasar.

2)        Mendesain perencenaan proyek.

3)        Menyusun jadwal.

4)        Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek.

5)        Menilai hasil proyek

6)        Mengevaluasi pengalaman.

2.    Metode Pembelajaran :

                Diskusi, presentasi,ceramah dan tanya jawab.

 KOMPONEN INTI

A. CAPAIAN PEMBELAJARAN

Pada akhir fase B, peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air

B.    ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

1.       Peserta didik dapat Menjelaskan tahapan tahapan siklus air.(C1)

2.       Peserta didik dapat Menganalisis proses terjadinya siklus air. (C4)

3.       Peserta didik dapat menampilkan hasil analisis tahapan tahapan siklus air.(C6)

C.    TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

1.      Dengan mengamati gambar/video peserta didik dapat menjelaskan tahapan-tahapan siklus air dengan benar. (C1)

2.      Dengan melakukan aktivitas proyek, peserta didik dapat menganalisis proses terjadinya siklus air dengan benar. (C4)

3.      Dengan melakukan aktivitas proyek, peserta didik dapat menampilkan hasil analisis tahapan tahapan siklus air dengan benar. (C6)

D. PEMAHAMAN BERMAKNA

Setelah pembelajaran berakhir peserta didik diharapkan mampu menyimpulkan tentang siklus air dan pentingnya menghemat air karena:

Air merupakan salah satu sumber kehidupan di muka bumi ini. Air selalu ada di bumi karena mengalami siklus. Siklus merupakan putaran atau rangkaian kejadian yang berulang-ulang secara tetap dan teratur. Siklus air merupakan pergerakan air dari

permukaan bumi ke atmosfer dan kembali lagi ke permukaan bumi

 

 

E. PERTANYAAN PEMANTIK

 

1.        Bagaimana ciri-ciri akan turun hujan?

2.        Dari mana air hujan itu berasal?

3.        Jika dari hulu hujan telah turun, mengapa air hujan  di langit tidak habis?

 

 

 

 


 

 

F. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Awal (10 Menit)

1.      Mengkondisikan peserta didik (guru memberi salam, peserta didik berdo’a, memeriksa kehadiran peserta didik)

2.      Peserta didik menyanyikan lagu “Garuda pancasila”

3.    Peserta didik menyimak apersepsi dari guru tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pengalamannya sebagai bekal pelajaran berikutnya

4.     Peserta didik mendapat informasi dari guru mengenai tujuan pembelajaran pada hari ini.

Kegiatan Inti ( 50 Menit)

Penentuan Pertanyaan mendasar

5.     Guru menunjukkan sebuah gambar tentang tahapan- tahapan siklus air kemudian peserta didik diberikan pertanyaan

·        Bagaimana ciri-ciri akan turunnya hujan ?

·        Dari mana air hujan berasal ?

·        Jika dari dahulu hujan telah turun, mengapa air hujan  di langit tidak habis?

 

6.      Peserta didik diminta menyimak  video pembelajaran  yang ditampilkan guru tentang tahapan-tahapan siklus air

                       

             

           https://www.youtube.com/watch?v=JXu3ofcafXQ

 

7.      Peserta didik diarahkan untuk mengemukakan pendapat atau bertanya berkaitan dengan video pembelajaran yang telah dilihat saksikan tadi

 

 Mendesain Perencanaan Proyek

 

8.      Peserta didik dibagi dalam 4 kelompok,masing-masing kelompok 

      terdiri dari 4 orang

9.      Peserta didik diajak oleh guru untuk merencanakan sebuah proyek membuat diorama tahapan-tahapan siklus air

10.  Guru membagikan LKPD

11.  Peserta didik mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk proyek diorama siklus air.

12.  Guru menjelaskan prosedur dalam pembuatan proyek tersebut

 

 Menyusun Jadwal

13.  Peserta didik dan guru membuat kesepakatan tentang jadwal pembuatan proyek, proyek harus diselesaikan hari ini. Waktu  pengerjaan proyek kurang lebih 25 menit

14.  Siswa dan peserta didik membuat kesepakatan tentang waktu persiapan dan menampilkan karya kedepan kelas selama 10 menit

 

 Memonitor Peserta Didik dan Kemajuan Proyek

15.  Guru berkeliling memantau keaktifan peserta didik selama melaksanakan proyek, memantau realisasi perkembangan dan membimbing jika mengalami kesulitan.

16.  Peserta didik melakukan pembuatan proyek sesuai jadwal, mendiskusikan masalah yang muncul selama penyelesaian proyek dengan guru

 

Menilai Hasil Proyek

17.  Setelah selesai peserta didik diingatkan untuk selalu menjaga kebersihan kelas dengan membersihkan sisa hasil karya dan  merapikan peralatan yang telah digunakan

18.  Peserta didik mengkomunikasikan hasil proyek dengan cara presentasi             di depan kelas dan kelompok lain diberi kesempatan untuk menanggapi

 

 Mengevaluasi Pengalaman

19.  Guru menanyakan bagaimana pengalaman selama mengerjakan  proyek

·         Guru memilih kelompok terbaik, baik dari segi kekompakkan maupun dari segi produk yang dihasilkan

·         Guru memberikan reward kepada kelompok terbaik

20.     Peserta didik bersama dengan guru memajang hasil karya nya ditempat yang telah disedia

 

Kegiatan Penutup ( 10 Menit)

21.  Guru dan peserta didik melakukan ice breaking untuk menambah semangat dalam pembelajaran

22.  Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran terkait materi siklus air

23.  Peserta didik melakukan soal evaluasi yang di berikan guru

24.  Guru memberikan tindak lanjut dan pesan pesan moral

25.  Peserta didik bersama guru menutup pembelajaran dengan ucapan syukur

 


 

 

G. REFLEKSI PEMBELAJARAN

Tebel Refleksi untuk Guru

NO

Pertanyaan

Jawaban

 

1

Apakah seluruh peserta didik mengikuti pembelajaran dengan antusias pada hari ini ?

 

 

2

Apakah tujuan pembelajaran telah tercapai ?

 

3

Kesulitan apa yang dialami ?

 

4

Apakah peserta didik paham dengan penyampaian materi pembelajaran hari ini ?

 

5

Apakah pemilihan media pembelajaran telah    mencerminkan tujuan pembelajaran yang akan dicapai

 

6

Apakah model PJBL yang saya gunakan sudah sesuai dengan langkah-langkahnya?

 

 

Tebel Refleksi untuk peserta didik

NO

Pertanyaan

Jawaban

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1

Bagaimana perasaanmu saat mengikuti pelajaran ini ?

 

2.

Hal apa yang membuatmu bersemangat saat belajar hari ini ?

 

3.

Apa kesulitanmu dalam menyelesaikan tugas ini ?

 

4.

Bagaimana pendapatmu mengenai media yang ibu gunakan hari ini ?

 

5.

Jika kamu diminta untuk memberikan bintang 1 sampai 5, berapa bintang yang akan kamu berikan pada usaha yang telah kamu lakukan ?

 

 

6.

Apa yang akan kamu lakukan setelah mempelajari materi ini ?

 

 

 


 

H. ASESMENT / PENILAIAN

Assesmen Formatif

1.      Penilaian sikap profil pelajar pancasila

2.      Penilaian proyek

3.      Penilaian unjuk kerja

Asesmen sumatif

4.      Penilaian Evaluasi (Kisi-kisi soal, soal, kunci jawaban, penskoran(terlampir)

I. PENGAYAAN/REMEDIAL

1.        Kegiatan remedial:

Peserta didik yang hasil belajarnya belum mencapai target guru melakukan pengulangan materi dengan pendekatan yang lebih individual dan memberikan tugas individual tambahan untuk memperbaiki hasil belajar peserta didik yang bersangkutan.

2.        Kegiatan pengayaan:

             Peserta didik yang daya tangkap dan daya kerjanya lebih dari peserta didik lain, guru  

             memberikan kegiatan pengayaan yang lebih menantang dan memperkuat daya serapnya

             terhadap materi yang telah dipelajari..

H. LAMPIRAN

A.     BAHAN AJAR

B.     MEDIA

C.     LKPD

D.     PENILAIAN

 

       DAFTAR PUSTAKA

 

 Arifin,Mulyati.dkk.2009. Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan untuk kelas 1V Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyaah, Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Azmiyawati,Choiril.dkk.2008. IPA Salingteman 5 untuk SD/MI kelas V.Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Sulistyanto,Heri.2008. Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan untuk SD/MI kelas 5, Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Amini, R., & Saniyah, S. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Picture And Picture di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 835-841.

Sari, F. B., Amini, R., & Mudjiran, M. (2020). Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Integrated di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1194-1200.

Usmeldi, U., & Amini, R. (2021). Pelatihan Penggunaan KIT IPA dan Pengembangan LKPD Berbasis Praktikum untuk Guru IPA. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 1(2), 56-65.

 

https://serupa.id/project-based-learning/

 

 

 

 


Lampiran 1

 

 

 

 

 

 

 

BAHAN AJAR

 

               KELAS 4

               SEKOLAH DASAR

 

MATA PELAJARAN

                 IPAS

              SIKLUS AIR

 

Nama Penulis :

 

RAHMI ERVINDA


BAHAN AJAR IPAS

Siklus Air

 

 

 

 

 

Capaian Pembelajaran :

Pada akhir fase B, peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air.

 

Indikator Pembelajaran :

1.  Menjelaskan tahapan tahapan siklus air.(C1)

2.  Menganalisis proses terjadinya siklus air. (C4)

3.  Menampilkan tahapan tahapan siklus air.(C6)

 

Tujuan Pembelajaran :

1.             Dengan memahami bahan bahan ajar siklus air, peserta didik dapat menjelaskan siklus air dengan benar.

2.             Dengan melakukan aktivitas proyek, peserta didik dapat menganalisis proses terjadinya siklus air dengan benar .

3.             Dengan melakukan aktivitas proyek, peserta didik dapat menampilkan hasil  analisis tahapan tahapan siklus air dengan benar

 

 



 


 

 



Proses Siklus Air


1.              Air di laut, sungai, dan danau menguap akibat panas dari sinarmatahari. Proses penguapan ini disebut evaporasi. Tumbuhan juga mengeluarkan uap air ke udara(transpirasi).

 

2.              Uap air dari permukaan bumi naik dan berkumpul di udara. Lama- kelamaan, udaratidak dapat lagi menampung uap air (jenuh). Proses ini disebut presipitasi (pengendapan).

 

3.              Ketika suhu udara turun, uap air akan berubah menjadi titik-titik air.Proses ini disebut kondensasi (pengembunan).

 

4.              Titik-titik air di awan akan turun menjadi hujan (presipitasi). Air hujan akan turun didaratmaupun di laut.

 

5.              Air hujan yang jatuh di tanah akan meresap menjadi air tanah (infiltarasi). Air tanah akan keluar melalui sumur. Air tanah juga merembes ke danau/sungai. Airhujan yang jatuh ke perairan (sungai/danau) akan menambah jumlah air. Air sungai akan mengalir ke laut, namun

sebagian air menguap kembali. Air sungai yang menguap membentuk awan bersama dengan uap dari air laut dan tumbuhan. Prosessiklus air pun terulang lagi.

 

v  Proses hidrologi air terbagi menjadi 4 bagian, yaitu:

·         Evaporasi: proses di mana air yang ada di laut, rawa, sungai dan lainnya menguap karena adanya pemanasan dari sinar matahari. Dalam hal ini, air diubah menjadi uap air atau  gas, sehingga  bisa naik ke atmosfer.

Transpirasi: proses ini serupa dengan evaporasi, hanya saja proses penguapan ini terjadi pada jaringan makhluk hidup, seperti tumbuh-tumbuhan.

·         Kondensasi: proses di mana berubahnya uap air di atmosfer menjadi partikel es yang sangat kecil di suhu yang rendah. Partikel es tersebut saling mendekat satu sama lain, sehingga akan menggumpal sebagai awan.

·         Presipitasi: ketika terlalu banyak air yang terkondensasi maka tetesan air di awan akan menjadi besar dan berat untuk menahan di udara sehingga jatuh sebagai hujan, salju atauhujan es.


Lampiran 2


MEDIA PEMBELAJARAN


 

 

Media Video Pembelajran:


 

https://www.youtube.com/watch?v=JXu3ofcafXQ

 

gambar siklus air

 

 

                  Media diorama siklus air

                    


Lampiran 3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LKPD

Lembar Kegiatan Peserta Didik

 

 

 

 

 

 

Nama Anggota Kelompok :

1. ………………………..

2. ………………………...

3. ………………………...

4. ………………………...



 

 

 

 

 

 

 

 

Tujuan Pembelajaran :

1.             Dengan memahami bahan ajar siklus air, peserta didik dapat menjelaskan siklus air dengan benar.

2.             Dengan melakukan aktivitas proyek, peserta didik dapat menganalisis proses terjadinya siklus air dengan benar .

3.             Dengan melakukan aktivitas proyek, peserta didik dapat menampilkan hasil analisis tahapan tahapan siklus air dengan benar.

 

 

Petunjuk :

 

1.          Bacalah kembali bahan ajar materi “Siklus Air”

2.      Lakukanlah aktivitas membuat proyek diorama siklus air secara berkelompok.

3.      Bertanyalah kepada guru apabila mengalami kesulitan dalam aktivitas proyek.



 

 

LKPD PROYEK

Materi : Siklus Air

Proyek : diorama Siklus Air

Langkah-langkah pembuatan diorama siklus air :

          Alat dan Bahan

Kardus bekas

Kertas mar-mar ( warna hijau, biru tua, biru muda, coklat, Kertas Origami

Lem

Gunting

Kapas

Cara Membuat :

1.             Gunting kardus berbentuk segi empat 3 buah dengan ukuran yang berbeda.

2.             Kardus pertama untuk laut dan kardus kedua untuk daratan dan kardus ketiga untuk langit

3.         Bagian langit dilapisi kertas mar-mar warna biru muda, laut di    

    lapisi mar-mar warna biru tua dan daratan dilapisi kertas mar-mar   

     warna coklat tua dan  hutan kertas mar-mar warna hijau.

4.             Buat pola awan kemudian tempelkan dengan kapas

5.             Buat pola pohon dari kardus, bagian daun dilapisi dengan kertas mar-mar dan bagian batang dilapisi dengan kertas origami warna coklat tua dan matahari kertas origami warna kuning lalu gunting sesuai pola yang sudah digambar

6.             Buat beberapa buah kapal dari kertas origami

7.             Untuk awan hitam, awan putih, matahari dan rintik-rintik hujan di tempel pada bagian kardus warna biru muda (langit)

8.             Gambar bentuk pohon bentuk 3 dimensi di tancapkan pada kardus bagian daratan

9.             Kapal-kapal kecil ditancapkan pada karton bagian laut

10.        Setelah semua gambar ditempel kemudian diberi nama dan tanda panah dari kertas origami sesuai dengan urutan siklus air

 

DIORAMA SIKLUS AIR

 

 


          Asesmen Formatif

A.  Penilaian  Sikap Profil  Pelajar   Pancasila   (PPP)

1.   Bernalar Kritis

2.   Bergotong royong

3.   Kreatif

 

Petunjuk :

Guru memberikan tanda (√) pada setiap kriteria sesuai dengan nilai

karakter yang muncul dari peserta didik

 

NO

          NAMA PESERTA DIDIK

                        SIKAP

JUMLAH

SKOR

NILAI

Bernalar Kritis

Bergotog Royong

 Kreatif

1

2

1

2

1

2

 

 

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

11

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RUBRIK PENILAIAN

KRITERIA

Profil Pelajar Pancasila

SUDAH TAMPAK (2)

BELUM TAMPAK (1)

Bernalar Kritis

Peserta didik sudah tampak

mampu dalam memecahkan masalah.

Peserta didik belum tampak

mampu dalam memecahkan masalah.

Bergotong royong

Peserta didik sudah tampak kompak dan berkolaborasi dalam menyelesaikan hasil proyek yang diberikan

Peserta didik belum tampak kompak dan berkolaborasi dalam menyelesaikan hasil proyek yang diberikan

Kreatif

Peserta didik sudah tampak

kreatif dalam menyelesaikan hasil proyek yang diberikan

Peserta didik sudah tampak

kreatif dalam menyelesaikan hasil proyek yang diberikan


B.     Format Penilaian Proyek

 

Muatan Pembelajaran           : IPAS Kelas/Fase                     : IV/ B

Nama Proyek                         : Membuat Diorama Siklus Air

Waktu                                    :

Nama Anggota Kelompok:

1.     …………………………….

2.    …………………………….

3.    .……………………………..

4.    ……………………………..

 

 

 

No

Aspek Penilian

Skor

1

2

3

4

5

1

Perencanaan

 

 

 

 

 

 

Persiapan pemilihan alat dan bahan

 

 

 

 

 

2

Pelaksanaan

 

 

 

 

 

 

Proses pengamatan

 

 

 

 

 

 

Langkah-langkah pembuatan

 

 

 

 

 

 

Teknik Pembuatan

 

 

 

 

 

3

Laporan Proyek

 

 

 

 

 

 

Hasil produk

 

 

 

 

 

 

Laporan laporan proyek

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Skordiberikan dengan rentangan 1-5 Jika proses sempurnamakan akan diberikan nilai tertinggi (5)


C.     Penilaian Unjuk Kerja

                        Prosedur penilaian : unjuk kerja produk

                        Teknik penilaian : observasi

 

NO

ASPEK YANG DINILAI

SKOR

  Bobot  maksimal

NILAI

1.

Kreatif

 

20

 

2.

Tata Letak Diorama

 

20

 

3.

Kelengkapan Objek

 

20

 

4.

Kerapian

 

20

 

5.

Kebersihan

 

20

 

 

Skor perolehan

 

 

 

               Nilai =  Skor perolehan x 100

                             Skor maksimal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Asesmen Sumatif

 

 

Kisi Kisi Soal evaluasi  

 

No

CP

SOAL

Level Kognitif

Bentuk Soal

Skor

No

 

peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air

1. Perubahan yang terjadi pada air secara berulang dalam suatu pola tertentu disebut ...

C4

PG

1

 

2. Proses perputaran air disebut sebagai siklus air, daur air,atau siklus ...

C1

PG

1

 

3. Air di bumi tidak pernah habis walaupun terus menerus di gunakan

C2

PG

1

 

4. Terjadinya siklusair sangat dipengaruhi oleh ...

C4

PG

1

 

5. Uap air naik keudara membentuk ….

C2

PG

1

 

6. Uap air yang suhunya turun akan berubah menjadi air. Air ini akan berkumpul di angkasa

dan turun menjadi ….

C2

PG

1

 

7. Suhu udara yang dingin membuat uap air mengalami pengembunan yang disebut ...

C3

PG

1

 

8. Air di laut, sungai,danau, waduk mengalami penguapan karena sinar matahari disebut ...

C4

PG

1

 

9. Jatuhnya titik air ke bumi sebagai hujan disebut ...

C6

PG

1

 

10. Air hujan dapat menjadi air tanah karena proses ….

C2

PG

1

 

 

 

 

 

 


                                                                 SOAL EVALUASI

Berilah tanda (X) pada jawaban yang di anggap benar!

 

1.   Perubahan yang terjadi pada air secara berulang dalam suatu pola tertentu disebut ...

a.  siklus Udara

b. siklus Air

c.  siklus Angin

d. siklus Tanah

 

2.   Proses perputaran air disebut sebagai siklus air, daur air, atau siklus ...

a.  biologi

b. antropologi

c.  zoologi

d. hidrologi

 

3.   Air di bumi tidak pernah habis walaupun terus menerus digunakan. Hal ini

dikarenakan air mengalami ….

a.    perputaran

b.   penambahan

c.    pencampuran

d.   pengurangan

 

4.   Terjadinya siklus air sangat dipengaruhi oleh ...

a.    angunan

b.   bebatuan

c.    cahaya Matahari

d.   manusia

 

5.   Uap air ke udara membentuk

a.     pelangi

b.     awan

c.     es

d.     hujan

 

6.   Uap air yang suhunya turun akan berubah menjadi air. Air ini akan berkumpul di angkasa kemudian turun menjadi

a.    hujan

b.   kabut

c.    angin

d.   pelangi

 

7.   Suhu udara yang dingin membuat uap air mengalami pengembunan yang disebut ...

a.    evaporasi

b.   kondensasi

c.    infiltrasi

d.   presipitasi


8.  Air di laut, sungai, danau, waduk mengalami penguapan karena sinar matahari disebut ...

a.    kondensasi

b.   presipitasi

c.    infiltrasi

d.   evaporasi

 

9.   Jatuhnya titik air ke bumi sebagai hujan disebut ...

a.    kondensasi

b.   infiltrasi

c.    presipitasi

d.   evaporasi

10.     Air hujan dapat menjadi air tanah      karena proses….

a.   infiltrasi

b.  evaporasi

c.   kondensasi

d.  presipitasi

 

 

 


KUNCI JAWABAN EVALUASI :

Pilihan Ganda : 1.B

2.D

3.A

4.C

5.B

6.A

7.B

8.D

9.C

10.A

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Intrumen Penilaian Evaluasi

 

Satuan Pendidikan              : SDN 14 Labuah

Bidang Studi                       : IPAS

Materi                                 : Siklus Air

Kelas                                   : IV/B

Semester                              I

 

No

 

Nama Peserta Didik

No Soal dan Skor Penilaian Pilihan

Ganda

 

Nilai Akhir

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

1

1

1

1

1

1

1

1

1

1

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

11

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

13

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

14

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan :

No Soal

Skor Penilaian

NA = SP/SM X 100

SP = skor perolehan    SM = skor Maksimal (10)

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PUISI AKROTIS